Catatan Upgrade Open Journal Systems (OJS) Versi 2.x ke OJS Versi 3.x


Berawal dari acara workshop yang saya ikuti (tapi bukan tentang OJS lho ya), saya mendengar pernyataan bahwa wajib hukumnya setiap Jurnal, harus memiliki terbitan versi e (elektronik).


Sudah kenal OJS to..?
Nah OJS (Open Journal Systems) ini merupakan platform yang dikembangkan untuk manajemen dan penerbitan jurnal. OJS banyak digunakan sebagai sistem manajemen jurnal di berbagai jurnal ilmiah di universitas dan lembaga lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

Berikut informasi resmi dari situs resminya:
Open Journal Systems (OJS) is a journal management and publishing system that has been developed by the Public Knowledge Project through its federally funded efforts to expand and improve access to research.
Versi terbaru OJS saat artikel ini ditulis adalah OJS 3.1.0, yang dapat diunduh DI SINI.

Alhamdulillah saya diberi bertanggung jawab atas hidup atau matinya sistem penerbitan jurnal elektronik di salah satu lembaga menggunakan OJS 2.4.7, dan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun yang lalu. Tujuan saya mengupgrade OJS ke versi terbaru adalah untuk meningkatkan performa dan juga supaya jurnal di lembaga itu mengikuti standar penerbitan terbaru dari OJS. He he sebenarnya saya kurang paham juga sih tentang standar penerbitan jurnal elektronik (karena saya bukan tim redaksi di jurnal), tapi ya saya baca-baca dari informasi yang muncul di berbagai sumber...

Dari proses upgrade yang saya lakukan dan alhamdulillah berhasil, ini beberapa catatan penting yang ingin saya bagikan di blog ini:
  1. Ucapkan Bismillahirrohmanirrohiim
  2. Sebelum melakukan upgrade, pastikan kita mengetahui System Requirements dari OJS 3.x, dan saya menemukan ternyata OJS 3.x membutuhkan PHP 5.6 atau yang lebih tinggi dan support MySQL atau PostgreSQL, MySQL Versi 4.1 atau di atasnya, PostgreSQL 9.1.5 atau di atasnya, dan direkomendasikan OS UNIX. (Setelah saya cek di server yang saya kelola, alhamdulillah memenuhi syarat)
  3. Pastikan melalukan Backup seluruh file OJS versi yang lama (versi saya 2.4.7) dan juga databasenya. (siapa tau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kita dapat mengembalikan kembali ke kondisi terbaik sebelum upgrade)
  4. Download OJS 3.1.0 di https://pkp.sfu.ca/ojs/ojs_download/, saya langsung download dari server dengan software wget
  5. Extrack File Hasil downloadnya
  6. Di folder OJS yang lama, hapus semua file dan folder kecuali folder "cache, files, dan public" karena folder-folder tersebut berisi file-file artikel jurnal yang telah di publish.
  7. Masukkan file dan folder dari hasil Extract (No. 5) kedalam folder jurnal, bisa menggunakan perintah cp kalau di linux.
  8. Atur folder "cache, files, dan public" menjadi WRITEABLE
  9. Pada file config.inc.php, sesuaikan koneksi database sesuaikan dengan koneksi ke database jurnal yang lama, ubah nilai "installed menjadi Off" nanti setelah selesai upgrade ubah lagi dengan On, ubah nilai base_url = "url_jurnal", dan ubah nilai files_dir = /home/username/public_html/folder_jurnal/files (sesuaikan sesuai dengan path folder jurnal masing-masing)
  10. Akses URL jurnal dan Lakukan Upgrade, Tunggu sampai proses selesai, jika ada pesan error perhatikan pesannya dan lakukan konfigurasi sesuai dengan pesan error yang muncul, namun biasanya error muncul terkait dengan (No. 8).
  11. Setelah Upgrade selesai, alhamdulillah OJS berjalan dengan baik, dan file-file jurnal tidak ada yang hilang...
  12. Ucapkan Alhamdulillahirobbil'aalamiin..
Demikian catatan Upgrade OJS 2.x ke OJS 3x, Ini hanya cerita atau catatan lepas untuk sharing saja, jadi apa bila ada perbedaan pendapat, mohon dimaklumi saja... Hehe

Salam OJS

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Catatan Upgrade Open Journal Systems (OJS) Versi 2.x ke OJS Versi 3.x"

Posting Komentar