Widget HTML #1

Dua Mahasiswa Yang Membuat Saya Senang Hari Ini

Dua Mahasiswa Yang Membuat Saya Senang Hari Ini
Designed by Freepik
Hari ini, Rabu, 14/02/2018 seperti biasa saya menjalani aktifitas di Jalan Meranti Raya No. 32 Sawah Lebar Bengkulu. Tapi ada yang sedikit berbeda hari ini, ada 2 orang mahasiswa yang datang ke ruangan laboran meminta master program Macromedia Dreamweaver 8, seperti itu mereka menyebutnya. Mahasiswa itupun dengan fasih menyebutkan nama software yang telah lama diambil alih oleh salah satu perusahaan software raksasa, Adobe namanya.

Saya sempat bertanya, untuk apa mas...? mereka menjawab untuk belajar pemrograman web. Akhirnya sayapun mengarahkannya ke Mas Hendri, selaku juragan file ISO di ruang itu... :). Saya sempat berkata "Bagus juga, biasanya mahasiswa minta master program ketika sudah mau UTS atau UAS". Setelah mendapatkan file master programnya, 2 mahasiswa itupun pamit setelah sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada Mas Hendri.
Beberapa waktu kemudian, saya bertemu lagi dengan 2 mahasiswa yang sama di depan ruang Lab. Komputer, kebetulan di sana ada meja dan kursi. Awalnya sih biasa saja karena memang tempat itu sering digunakan mahasiswa nongkrong sambil menunggu dosen, atau sekedar main game. Tapi setelah saya sedikit melirik ke arah layar laptop yang dibuka, saya sedikit terkejut, sampai saya harus mengurangi kecepatan saya berjalan sambil mengarahkan tangan ke kantong baju yang biasanya ada Smartphone. Eh.... ternyata kebetulan waktu itu smartphone saya ketinggalan di meja kerja.

Jadi ternyata mereka berdua sedang belajar, satu mahasiswa membuka laptopnya dan menjalankan Program Macromedia Dreamweaver 8, satu mahasiswa lagi membuka layar smartphone-nya yang cukup lebar, dan yang ditampilkan terlihat seperti foto/gambar tampilan Dreamweaver 8 dengan beberapa baris kode HTML.

Jadi yang membuat saya senang adalah masih ada mahasiswa yang begitu semangat belajar pemrograman walau di luar kelas atau di luar jam kuliah, karena biasanya saya melihat mahasiswa yang duduk-duduk di area itu atau di area yang lain, di tangga, di ruang baca, di perpustakaan, dll (di area kampus kuning yang alamatnya tertera di atas) tapi mereka hanya sekedar main game atau bermedsos ria.

Sayang sekali saya tidak tau nama kedua mahasiswa itu dan tidak sempat mengambil gambar dan mengabadikan di blog ini. Jika 2 mahasiswa itu membaca postingan ini dan namanya mau saya tulis di blog ini silahkan datang ke saya.... hehehe..
Nah, sebagai tambahan meskipun software yang digunakan mahasiswa itu tergolong usang, tapi tidak jadi masalah karena pemrograman web hanya membutuhkan Editor (IDE), dan versi software yang digunakan untuk programming bisa diabaikan... haha... maaf kalau ada yang berbeda pendapat..., tapi terkadang kita juga membutuhkan kecerdasan IDE untuk membantu mempercepat proses programming.

Alternatif IDE selain Dreamweaver:
  1. Notepad
  2. Notepad++
  3. Sublime Text
  4. Atom IDE
  5. Netbeans
  6. Eclipse
  7. dan masih banyak lagi yang lain....
Mau belajar Pemrograman Web dari Dasar silahkan KE SINI