Widget HTML #1

Install SimpleScreenRecorder Sebagai Perekam Layar Pengganti Camtasia di Linux Fedora 27

Bagi penguna windows yang sering membuat video tutorial saya yakin kenal dengan program yang namanya Camtasia. Camtasia adalah program atau software yang sangat populer sebagai software perekam layar dan dilengkapi dengan Video Editor yang mudah digunakan. Nah bagi pengguna linux (termasuk saya) tentunya tidak ingin ketinggalan juga untuk merekam layar untuk berbagai keperluan seperti membuat video tutorial aplikasi komputer, atau video tutorial linux itu sendiri.
Awalnya saya menggunakan Fedora 27 dengan Gnome yang sudah dilengkapi dengan screen recorder bawaan, saya cukup menekan tombol CTRL + ALT + SHIFT + R, maka layar sudah terekam dan hasil videonya berformat .webm. Namun ketika menggunakan Desktop KDE, saya coba langkah tersebut tidak bisa lagi, entahlah.. mungkin saya yang tidak tau caranya. Untungnya ada software SimpleScreenRecorder yang dapat diinstall di Fedora 27 Workstation. Untuk instalasi Software SimpleScreenRecorder sebenarnya sudah ada panduannya di http://www.maartenbaert.be/simplescreenrecorder/. Namun setelah saya mengikuti langkah-langkah yang disediakan ternyata tidak langsung berhasil. Tapi mungkin ini hanya masalah untuk saya, mudah-mudahan temen-temen tidak menemukan masalah seperti saya. Seandainya terpaksa harus menemukan masalah juga, mungkin langkah ini boleh dicoba.
  1. SimpleScreenRecorder tidak tersedia di repository standar Fedora, tapi tersedia di RPM Fusion Repository, sehingga kita harus mengaktifkan dulu RPM Fusion Repository dengan cara:
    • Download RPM Fusion free for Fedora 27 di https://rpmfusion.org/Configuration
    • Simpan di folder /home
    • Masuk ke terminal, lalu jalankan perintah:
      rpm -Uvh /home/kruwell/Installer/rpmfusion-free-release-27.noarch.rpm
      Pastikan proses berjalan dengan baik hingga 100%
  2. Install SimpleScreenRecorder dengan perintah :
    # dnf -y install simplescreenrecorder
  3. Setelah proses install selesai, jalankan SimpleScreenRecorder secara normal.. :)Install SimpleScreenRecorder
  4. Tampilan Program SimpleScreenRecorder kira-kira seperti ini:Tampilan SimpleScreenRecorder
  5. Oke.. selamat mencoba.. semoga bermanfaat, untuk penggunaannya insyaAllah akan dibahas pada postingan yang lain.