Pengertian Server dan Client

Definisi Server

Secara harfiah, server merupakan komputer yang berfungsi untuk mengatur atau menjadi koordinator pada sistem jaringan komputer. Intinya, server merupakan induk dari semua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. Server bertugas melayani penyimpanan, pengolahan, pendistribusian data secara terpusat, juga sebagai pusat aplikasi bersama (shared), serta pintu gerbang menuju internet (gateway). (Wijaya, 2008)
Contoh : Pada sebuah warnet, selalu tersedia minimal satu unit server yang berfungsi sebagai gateway. Gateway adalah Server yang menghubungkan setiap PC Client dengan internet. Selain itu pada setiap arsitektur sistem informasi, pasti terdapat server, seperti pada jaringan perkantoran, online game center, Internet Service Provider (ISP), Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Sistem Infrmasi Akademik Universitas, Sekolah dan lain sebagainya.

Definisi Client

Client atau yang sering disebut PC Client adalah perangkat komputer yang terhubung dengan Server. Client dapat terdiri minimal satu unit komputer dan maksimalnya tidak terhingga, meskipun dalam beberapa infrastruktur jaringan jumlah client dapat dibatasi oleh seorang admin jaringannya. (Wijaya, 2008)
Secara tradisional Client biasanya berupa PC Desktop. Tapi saat ini client bisa berupa laptop, PDA, hp, smartphone, printer dan game console.

Referensi:
Wijaya, G. S., 2008. Bedah Total Server : Referensi Hardware Server Terlengkap. Jakarta: InfoKomputer.


Subscribe to receive free email updates:

2 Komentar Pada "Pengertian Server dan Client"

  1. Artikel yang sangat menarik Min.

    Siapa tau berminat, ayo ikuti kompetisi buat kamu seorang web designer maupun blogger handal: https://goo.gl/VkyZS9

    BalasHapus