Widget HTML #1

Perbedaan Joomla.Com, Joomla.Org dan Joomla CMS


Perbedaan Joomla.Com, Joomla.Org dan Joomla CMS
Joomla CMS, Joomla.Com, Joomla.Org.

Pernah dengar Joomla..? atau mungkin pernah mempelajari joomla, nah pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Joomla.Com dan Joomla.Org. Sebelumnya berikut ini istilah-istilah penting yang mesti diketahui (Sumber: Joomla.com):

  1. Joomla.com adalah Joomla terbaru! layanan yang memungkinkan Anda membangun dan memelihara situs web gratis. Perangkat pengembangan situs yang akan Anda gunakan sebagai bagian dari layanan ini adalah versi modifikasi dari Joomla CMS. Situs web yang Anda buat sebagai bagian dari layanan akan dihosting secara gratis di plaform hosting Joomla.com khusus untuk jumlah waktu yang tidak terbatas.
  2. Joomla! CMS adalah perangkat lunak open source gratis yang dikembangkan dan dipelihara selama hampir 10 tahun oleh komunitas sukarelawan yang berdedikasi. Versi lengkapnya sudah digunakan oleh jutaan orang untuk membuat dan memelihara situs web yang dihosting sendiri.
  3. Joomla.org adalah situs komunitas besar di belakang Joomla! CMS. Di situs ini Anda bisa mendownload versi lengkap Joomla! CMS, menemukan dokumentasi terperinci tentang cara menggunakannya, mendapatkan bantuan dari sesama pengguna di forum dukungan masyarakat, membaca berita proyek, mempelajari tentang acara komunitas dan bahkan terlibat dalam proyek yang menakjubkan ini.

Dari penjelasan 3 istilah di atas, sebenarnya sudah jelas ya perbedaannya. Intinya Joomla.Com ini merupakan layanan yang disediakan untuk membuat web secara gratis seperti wordpress.com atau blogger.com. Nah platform yang digunakan untuk membuat layanan ini menggunakan Joomla! CMS. File Joomla! CMS ini juga dapat kita download dan kita install di web server kita sendiri, dan untuk mendapatkan filenya kita bisa download di Joomla.Org.
Dari cara membuat website menggunakan Joomla.Com atau dengan Joomla! CMS yang kita install sendiri di server kita, maka ada istilah Joomla.com Site dan Self-Hosted Joomla Site.
Dari cara membuat website menggunakan Joomla.Com atau dengan Joomla! CMS yang kita install sendiri di server kita, maka ada istilah Joomla.com Site dan Self-Hosted Joomla Site.
Perbedaan antara joomla.com dan self-hosted joomla dapat dilihat dari beberapa item diantaranya:


Hosting:

Joomla.com Site hostingnya gratis, karena hosting pada joomla.com site sudah termasuk dalam layanan. Sedangkan Self-hosted Joomla site hostingnya ditanggung sendiri oleh pengguna.


Domain:

Joomla.com site memiliki layanan domain gratis di joomla.com, jadi alamat situsnya menjadi sub domain, contoh : situsku.joomla.com. Sedangkan Self-hosted joomla site, somain menjadi tanggung jawab pengguna, sehingga alamat webnya sesuai dengan keinginan pengguna.

Instalasi Joomla:

Joomla.Com sudah teinstall, sehingga kita tidak perlu install dari awal, kita cukup melakukan pendaftaran dengan memilih sub domain, memasukkan nama email dan password, dan setelahnya menjadi urusan Joomla.Com untuk menyesaikannya. Sedangkan Self-Hosted Joomla Site, instalasi menjadi tanggung jawab pengguna sepenuhnya.
Daftar di Joomla.Com
Daftar di Joomla.Com
Selain beberapa item perbedaan tersebut, masih banyak perbedaan yang lain, seperti update joomla, extension, template, template file editing fungsi email dan lain-lain.

Ini contoh web yang dibuat dengan layanan Joomla.Com.
Web Gratis di Joomla.com
Web Gratis di Joomla.com