Widget HTML #1

Melihat Informasi Daftar Network Interface di Linux

Melihat Daftar Network Interface di Linux
Melihat Daftar Network Interface di Linux

Selamat datang kembali para pembaca blog ini, baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja. Mudah-mudahan selalu mendapat manfaat di laman ini. Kali ini saya akan berbagi sedikit saja mengenai konfigurasi jaringan di linux. Tapi kali ini hanya bagaimana kita melihat informasi Daftar Network Interface yang ada pada mesin atau komputer kita. Tentunya hal ini menjadi penting ketika kita ingin mengkonfigurasi ip address, atau ingin menggunakan iptables dan kita ingin menerapkan rule pada interface tertentu saja.

Atau begini saya pernah mengalami, ketika migrasi VM (Virtual Machine)  Ubuntu dari VMWare ke Proxmox, dan saya butuh untuk mengkonfigurasi ip statis. Nah setelah saya coba seting modifikasi file "/etc/network/interfaces" dan disana ada 3 Network Interface (lo, eth0, dan eth1) dengan default eth0-nya dhcp, begitu juga eth1-nya juga dhcp. Dan setelah saya konfigurasi dengan menggunakan eth0 ataupun eth1 ternyata tidak berhasil konek juga. akhirnya saya cek dengan perintah:
# ls /sys/class/net

Informasi yang keluar adalah :
eno1 lo

Dari informasi tersebut berarti ada 2 Network interface yaitu eno1 dan lo. namun lo ini digunakan untuk loopback atau localhost. Setelah itu saya konfigurasi pada eno1, dan alhamdulillah berhasil konek dan kerjaanpun dapat dilanjutkan dengan konfigurasi yang lain.

Selain perintah ls /sys/class/net kita dapat juga menggunakan perintah-perintah berikut:
# ifconfig
# ip link show
# netstat -i

Jadi intinya banyak cara yang bisa dilakukan untuk melihat daftar Network Interface pada OS Linux, silahkan dicoba-coba ya...

Baik sampai disini dulu sharing kali ini mudah-mudahan bermanfaat....