Perbandingan LibreOffice dengan Microsoft Office

LibreOffice 6
Halo sodara/i, saya yakin kalian sudah tau atau kenal dengan LibreOffice kan..? Kalau saya search di Wikipedia.org, ini penjelasannya tentang LibreOffice: 
"LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran sumber terbuka dan bebas yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Paket aplikasi ini merupakan turunan dari OpenOffice.org pada tahun 2010, yang mana merupakan sebuah versi sumber terbuka dari StarOffice yang mendahuluinya. Semua fitur yang ada di OpenOffice ada pula di LibreOffice, dan pengembangannya dilakukan secara lebih terbuka dan mandiri karena dibawah naungan pengembang nirlaba. LibreOffice terdiri dari program pengolah kata, pembuatan dan penyuntingan lembatang sebar, tayangan salindia, diagram dan gambar, pekerjaan dengan basis data, serta penulisan formula matematika." Dan seterusnya...
Nah kali ini kita akan sama-sama Luru Ilmu tentang LibreOffice, dan pada postingan kali ini kita akan kenali dulu perbandingan antara LibreOffice dengan Microsoft Office. Kalau microsoft Office saya yakin sodara-sodara sekalian sudah kenal semua dan sering menggunakannya.
Jika dibandingkan dengan Microsoft Office, LibreOffice memiliki komponen utama yang sama dengan Microsoft Office yaitu Word Processor (Pengolah Kata), Spreadsheet (Pengolah Angka) dan Presentation (Pengolah Presentasi).
Berikut adalah tabel perbandingan komponen utamanya:
Komponen Microsoft Office LibreOffice
Word Processor Microsoft Word Writer
Spreadsheet Microsoft Excel Calc
Presentation Microsoft Power Point Impress

Selain komponen tersebut juga terdapat komponen program seperti Base, Draw dan Math. Jika dibandingkan dengan Ms. Office, Base sama fungsinya dengan Access, Draw sama fungsinya dengan Visio dan Math sama fungsinya dengan Equation.

Adapun fitur-fitur dari LibreOffice ini antara lain:

  1. Membuat, Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document Format) secara sempurna.
  2. Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML, dan format lain seperti PDF dan lain sebagainya.
  3. Mengimpor dokumen Microsoft Visio dan Microsoft Publisher.
  4. Membuka, menyunting, dan menyimpan format dokumen Microsoft OOXML (.docx, .xlsx, .pptx). Format dokumen ini terkenal mulai dari Microsoft Office 2007 hingga 2016.
  5. Membuka, menyunting, dan menyimpan format dokumen binary-proprietary dari Microsoft (.doc, .xls, .ppt). Format dokumen ini terkenal di versi-versi lawas program Microsoft Office, misalnya versi XP dan 2003, lebih tepatnya sebelum versi 2007.
  6. Menyimpan dokumen dalam format PDF.
  7. Menambahkan komentar dan anotasi di dokumen.
  8. Aplikasi remote control untuk presentasi.
  9. Berkolaborasi melalui CMIS Protocol. Fitur terbaru yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan suatu proyek dokumen secara online.
Sedangkan beberapa Cuplikan Antar Muka / Interface dari Libre Office seperti ini:

Writer


Calc


Impress


Base


Draw

Nah.., itulah kira-kira perbandingan LibreOffice dan Microsoft Office, dan disini yang saya tampilkan hanya interface LibreOffice, karena saya yakin sodara-sodara semua sudah sering menggunakan microsoft office. Oh iya yang paling saya suka dengan LibreOffice ini ya "GRATISNYA".. karena kebetulan saya juga menggunakan OS Linux jadi Libre Office menjadi pilihan yang tepat. Ya meskipun ada WPS dan lain sebagainya... :) Insya Allah nandi tentang WPS juga akan dimuat di blog ini. Terima Kasih....

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Perbandingan LibreOffice dengan Microsoft Office"

Posting Komentar