Widget HTML #1

Membuat Database dan Tampilan Login Aplikasi Penggajian

Form Login
Database merupakan komponen penting dalam sebuah aplikasi atau sistem informasi. Aplikasi yang berkaitan dengan data tentu saja memiliki database (basis data) untuk menampung datanya. Seperti halnya aplikasi pengajian karyawan/pegawai tentu memiliki database. Database sendiri dapat dibuat menggunakan beberapa pilihan DBMS, diantara pilihan itu adalah:

  1. MySQL
  2. Ms. Access
  3. SQL Server
  4. Oracle
  5. PostgreSQL
  6. Dan masih banyak lagi yang lainnya (anda bisa mendapatkan informasi berbagai jenis database melalui pencarian di search engine google dll)
Pada tutorial kali ini, database aplikasi penggajian dibuat menggunakan MySQL. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan database adalah sebagai berikut:

  1. Kita harus memiliki rancangan atau desain database (database design) yang meliputi struktur tabel dan relasi tabel dalam database.
  2. Tools yang digunakan untuk mengimplementasikan desain database kedalam MySQL
Struktur Database Aplikasi Penggajian

Tutorial ini akan memandu anda dalam membuat database aplikasi penggajian menggunakan MySQL dengan tools phpMyAdmin.

Selain membuat database pada tutorial ini juga dijelaskan cara membuat tampilan form login aplikasi penggajian. Oh ya, aplikasi penggajian yang dibuat ini berbasis web dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai Backend nya. Untuk urusan tampilan (frontEnd) nya ya seperti biasa melibatkan HTML, CSS dll.

Nah untuk lebih jelasnya, bagaimana cara membuat database dan mendesain halaman login aplikasi penggajian ini silahkan simak video di bawah ini ya.


Untuk video yang lain anda dapat cari-cari di Channel Youtube : https://www.youtube.com/c/HariAspriyono

jangan Lupa SUBSCRIBE untuk mendapatkan notifikasi video terbaru dari kami....