Mengenal Control Panel CMS Joomla 3.x

Control Panel adalah bagian joomla yang digunakan untuk mengelola situs / web yang dibuat dengan joomla. Control panel ini sering disebut sebagai halaman administrator atau Back-End yang merupakan antarmuka dimana para administrator dan user situs lainnya yang memiliki hak akses istimewa dapat memanipulasi atau mengelola bentuk/template/layout/konten situs yang dibangun dengan Joomla!.

Banyak hal terkait dengan maintenance situs yang dapat dilakukan disini. Kita dapat mengatur bentuk/template situs melalui Pengelolaan Template atau mengganti template dengan template lainnya. Kita juga dapat menambah ekstensi(extension) seperti, component, language, module, serta plugin yang kebanyakan dari extension joomla bisa ditemukan di Joomla! Extension Directory (JED) - Direktori Ekstensi Joomla.

Untuk masuk ke control panel joomla secara default kita dapat melakukannya dengan menambahkan "/administrator" di akhir url situs joomla. Jika kita menginstall joomla di localhost dengan alamat "http://localhost/joomla" maka untuk masuk ke control panel tinggal merubah url menjadi "http://localhost/joomla/administrator", atau jika anda menginstall joomla di web hosting dengan url "http://www.tutupkurung.com" maka anda tinggal mengganti url menjadi "http://www.tutupkurung.com/administrator". Untuk masuk ke control panel diperlukan autentikasi user sehingga kita harus login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya.
Tampilan Login ke Control Panel Joomla!
Setelah login dapat kita lihat tampilan Control Panel Joomla seperti gambar berikut ini:
Tampilan Control Panel Joomla!
Pada halaman utama control panel Joomla, terdapat beberapa bagian menu di sidebar kiri diantaranya:
  1. Content - bagian ini digunakan untuk mengelola konten situs, seperti membuat artikel baru, melihat daftar artikel, mengelola kategori dan media untuk konten web.
  2. Structure - digunakan untuk mengelola menu dan module web.
  3. User - digunakan untuk mengelola informasi pengguna,seperti membuat atau menghapus pengguna, mengubah kata sandi, waktu dan bahasa. Anda juga dapat menetapkan pengguna ke Kelompok Pengguna tertentu.
  4. Configuration - digunakan untuk mengelola beberapa konfigurasi berikut:
    • Global Configuration - yang merupakan bagian penting dalam back-end Joomla. Setiap perubahan yang dibuat dalam konfigurasi ini, akan memengaruhi seluruh situs web.
    • Template Manager - Mengelola template yang digunakan di situs web.
    • Language Manager - Pengelola mengatur bahasa yang diinstal dengan mengatur bahasa default untuk situs Anda.
  5. Extensions - digunakan untuk mengelola extension seperti  menginstall extension dan menghapus extension.
  6. Maintenance - digunakan untuk melakukan pemeliharaan situs seperti update core Joomla, update extension dll.
Dibagian atas halaman control panel juga terdapat baris menu yang berisi susunan menu-menu yang digunakan untuk mengelola situs, berikut ini tampilan menu-menu pada control panel Joomla!.
Menu-menu di Joomla Control Panel.
Baik, itu kira-kira sedikit penjelasan untuk Memahami Control Panel CMS Joomla 3.x, mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada koreksi terhadap postingan ini, silahan isi di kolom komentar...

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Mengenal Control Panel CMS Joomla 3.x"

Posting Komentar