Cara Membuat Kursus Pada E-Learning Berbasis Moodle

Kursus pada Moodle dapat digunakan untuk membuat Mata Kuliah jika Moodle diterapkan di perguruan tinggi atau Mata Pelajaran jika Moodle diterapkan di sekolah. Kursus pada E-learning Moodle dapat dikelompokkan berdasarkan Kategori yang telah dibuat sebalumnya. Kategori dapat berupa Jurusan atau Kelas. Admin Moodle dapat menambahkan kursus pada masing-masing kategori, atau admin Moodle dapat memberikan hak kepada user lain seperti guru atau dosen untuk membuat kursus (menjadi Course Creator) pada Kategori tertentu.

Kursus yang dibuat nantinya akan berisi materi pelajaran, tugas, kuis, dan berbagai resource dan activity lainnya. Admin Moodle juga dapat menentukan Pengajar (Teacher) dan Siswa (Student) pada setiap kursus yang dibuat.

Baik untuk membuat kursus atau menambahkan kursus pada moodle, dapat mengikuti langkah-demi langkah berikut ini:

Pertama (1) - Login sebagai Administrator Elearning Moodle

Kedua (2) - Setelah berhasil login lanjutkan dengan mengklik Site administration > Courses > Manage courses and categories

Manage Courses and Categories

Ketiga (3) - Setelah masuk ke Course and category management, pilih kategori dengan mengklik pada nama kategori yang didalamnya akan ditambahkan kursus baru. Dalam contoh ini saya akan memilih kategori Teknik Informatika dan akan menambahkan kursus dengan nama "Jaringan Komputer (Kelas A)", maka yang saya lakukan adalah saya mengklik kategori Teknik Informatika lalu saya mengklik create new course, seperti contoh pada gambar di bawah ini:
Pilih Kategori dan Buat Kursus Baru

Keempat (4) - Lengkapi Form Add a new course pada bagian General diantaranya adalah Course full name (nama lengkap kursus), course short name (nama singkat kursus), course category (kategori kursus), Course start date (tanggal mulai kursus). Teman-teman juga dapat melakukan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan.
Informasi Umum dari Kursus

Kelima (5) - Pada bagian Description, isi dengan keterangan atau deskripsi dari kursus yang dibuat seperti contoh pada gambar di bawah ini.
Deskripsi Kursus

Keenam (6) - Pada bagian course format (format kursus) pilih Weekly Format, Special Format, Topics Format sesuai dengan kebutuhan. Format ini masih dapat diubah dikemudian hari jika diinginkan.
Format Kursus
Ketujuh (7) - Setelah informasi diisi dengan benar, silahkan simpan dengan mengklik Save and return atau Save and Display
Simpan Kursus

Sampai disini tahapan membuat kursus sudah selesai, jika ingin membuat kursus lainnya silahkan ulangi langkah demi langkah di atas sehingga semua kursus berhasil dibuat semua.

Semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Cara Membuat Kursus Pada E-Learning Berbasis Moodle"

Posting Komentar