Widget HTML #1

Menambahkan Pengajar Pada Kursus atau Mata Pelajaran di Moodle

Guru di sekolah atau Dosen di Peguruan Tinggi yang mengajar mata pelajaran atau mata kuliah tertentu dianggap sebagai Pengajar (teacher) pada Moodle. Pengajar dapat melakukan hampir semua hal dalam suatu  kursus atau mata pelajaran, termasuk menambahkan atau mengubah kegiatan (activities) dan menilai siswa (grade)

Seorang admin moodle atau manager pada moodle dapat menambahkan pengajar pada masing-masing kursus atau mata pelajaran.

Untuk menambahkan pengajar pada kursus di moodle ikuti langkah demi langkah berikut ini:

Pertama (1) - Login Sebagai Administrator Moodle

Kedua (2) - Klik Site administration > Courses > Manage courses and categories

Ketiga (3) - Pilih Kategori dan klik pada Nama Kursus yang ingin ditambahkan pengajarnya seperti pada contoh pada gambar di bawah ini.
Daftar Nama Kursus Pada Kategori Teknik Informatika

Keempat (4) -  Setelah di klik nama kursusnya, scroll ke bagian bawah dan klik Enrolled Users seperti contoh pada gambar di bawah ini.
Enrolled Users

Kelima (5) - Selanjutnya akan tampil ke halaman kursus di bagian participant (peserta) klik pada tombol Enrol Users.
Klik Tombol Enrol Users

Keenam (6) - Selanjutnya akan ditampilkan modal Enrol Users. Pada form select user ketik nama use sehingga nama user ditampilkan pada dropdown list kemudian klik nama user sehingga akan masuk di bagian select user. Admin dapat membatalkan user dengan cara mengklik tanda silang (x) pada user yang telah terpilih. Jangan lupa Assign role dipilih "Teacher" seperti contoh pada gambar di bawah ini.
Enrol Users Teacher

Ketujuh (7) - Jika user sudah dipilih, silahkan klik tombol Enrol selected users and cohorts, dan lihat hasilnya pada tabel participant / peserta.
User Teacher
Sampai langkah nomor 7, tahapan menambah pengajar pada kursus sudah selesai. Cara ini dapat diterapkan pada kursus-kursus yang lain. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan isi kolom komentar di bawah postingan ini. Demikian, semoga bermanfaat...