Mengaktifkan Halaman Pendaftaran User Pada E-Learning Menggunakan Moodle

Pengguna Moodle dapat ditambahkan oleh Administrator dengan cara menambahkannya secara manual atau mengupload user secara massal. Selain itu jika dibutuhkan Administrator Moodle dapat mengaktifkan halaman pendataran, sehingga calon pengguna e-learning moodle dapat mendaftarkan dirinya melalui halaman pendaftaran ini. Jika halaman pendaftaran atau halaman registrasi diaktifkan oleh admin moodle, maka pada form login akan menampilkan tombol pendaftaran "Create new account".
Tampilan Form Login Moodle
Pada dasarnya dengan mengaktifkan halaman pendaftaran ini maka semua pengunjung dapat membuat akun untuk masuk ke e-learning moodle dengan syarat memiliki email yang aktif, karena pendaftaran akun membutuhkan verifikasi melalui email. Namun seorang administrator moodle juga dapat membatasi pendaftaran dengan domain email yang diizinkan. Misalkan administrator moodle dapat membatasi hanya email dengan domain tutupkurung.com, hariaspriyono.com, luruilmu.com atau domain milik sekolah atau universitas dimana e-learning moodle tersebut digunakan. Jika admin membatasi domain email tutupkurung.com maka alamat email yang diizinkan adalah semua email dengan akhiran @tutupkurung.com (contoh : kuwell@tutupkurung.com) dan seterusnya. Pembatasan dengan domain email ini diperlukan untuk memastikan bahwa pengguna yang terdaftar pada e-learning moodle adalah pengguna yang memang berhak atau merupakan guru, dosen, mahasiswa atau siswa dari sekolah atau universitas.

Untuk mengaktifkan halaman pendaftaran pengguna di elearning moodle dapat mengikuti langkah demi langkah berikut ini:

Pertama (1) - Login sebagai Administrator E-learning Moodle.

Kedua (2) - Masuk ke halaman Manage authentication dengan cara klik Site administration > Plugins > Authentication > Manage authentication

Ketiga (3) - Setelah tampil halaman Manage authentication, selanjutnya untuk mengaktikan atau menonaktifkan pendaftaran adalah dengan cara mengklik icon gambar mata (enable/disable) pada item Email-based self-registration seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Email-based self-registration
Jika Email-based self-registration tampilan akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
Email-based self-registration Aktif
Keempat (4) - Selanjutnya scroll halaman ke bawah, pada bagian Common Settings dan pada item Self registration pilih Email-based self-registration seperti contoh pada gambar di bawah ini.
Mengaktifkan Self Registration

Kelima (5) - jika ingin membatasi domain email yang diizinkan atau diperbolehkan untuk mendaftar, silahkan scroll ke bawah lagi dan pada item Allowed email domains masukkan domain emailnya. Domain email yang diizinkan bisa lebih dari satu, untuk menambahkannya tinggal dipisahkan dengan spasi. Jika tidak memerlukan pembatasan domain email, langkah ini bisa diabaikan.
Mengisi domain email yang diizinkan
Keenam (6) - Jika semua pengaturan sudah benar, selanjutnya adalah menyimpan pengaturan dengan mengklik tombol Save Changes di bagian paling bawah halaman.
Simpan Pengaturan

Dari enam langkah di atas, maka halaman pendaftaran sudah aktif dan akan tampil pada form login e-learning moodle.
Tombol Pendataran
Jika calon pengguna Moodle mengklik tombol Create new account maka formulir pendaftaran akan ditampilkan seperti gambar berikut ini:
Formulir Pendaftaran User Moodle
Itulah cara mengaktifkan halaman pendaftaran user e-learning menggunakan moodle, selamat mencoba dan mudah-mudahan bemanfaat bagi para pengguna setia moodle.

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Mengaktifkan Halaman Pendaftaran User Pada E-Learning Menggunakan Moodle"

Posting Komentar