Widget HTML #1

Bahasa Pemrograman Populer di Tahun 2018

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ini sangat berpengaruh sekali dengan perilaku kehidupan manusia. Dampak positif dan negatif dari teknologi juga tidak dapat dihindari, dan semua tergantung dengan pribadi masing-masing. Namun disini saya tidak akan membicarakan tentang dampak positif dan negatif dari teknologi, tapi justru akan sedikit masuk ke dalam apa yang berperan mempengaruhi teknologi informasi yaitu tentang Bahasa Pemrograman yang Populer di Tahun 2018 ini.

Apa pentingnya sih kita tau bahasa pemrograman yang populer..? Ya tentu tidak semua orang penting mengerti bahasa pemrograman yang populer, tapi bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia IT, khususnya pelajar dan mahasiswa jurusan IT tentu ini menjadi hal yang penting. Dengan mengetahui  bahasa pemrograman yang populer pelajar dan mahasiswa IT dapat menentukan fokus belajarnya. Bahasa pemrograman apa yang akan didalami selama proses kuliah ini menjadi penting supaya apa yang di cita-citakan dari kuliahnya dapat tercapai.

Terus bagaimana cara mengetahui bahasa pemrograman yang populer? Nah.., ini nih yang terkadang pelajar atau mahasiswa tidak tau, karena kurang kreatif untuk mencari tau dan terkadang hanya menerima saja dari yang disampaikan oleh dosennya.. :).

Jadi begini, ada beberapa situs web yang menampilkan hasil survey terhadap bahasa pemrograman yang populer di setiap tahunnya. Berikut ini beberapa alamat web yang menyajikan hasil survey tentang bahasa pemrograman yang populer khususnya di tahun 2018 ini.

Tiobe.com
Tiobe telah menghasilkan indeks bahasa pemrograman yang populer dan Tiobe memperbarui daftar ini setiap bulan, dengan mengambil data dari ratusan sumber di seluruh dunia. Untuk lebih lanjut tentang bagaimana Indeks Tiobe dihitung, lihat di sini.  Jika ingin langsung melihat hasil Indeks Tiobe silahkan lihat di sini.

Berikut ini gambaran 10 Bahasa Pemrograman Populer di Bulan Oktober 2018 versi Tiobe Index

TIOBE Index for October 2018

Dari tabel Tiobe Index di atas, terlihat bahwa Java memimpin sebagai bahasa pemrograman paling populer di bulan Oktober 2018, disusul oleh C, C++, Python, Visual Basic .NET, C#, PHP, Javascript, SQL dan Swift. Dibandingkan dengan bulan oktober tahun sebelumnya yaitu tahun 2017, ketiga bahasa pemrograman Java, C dan C++ tidak mengalami perubahan posisi tetap pada posisi pertama, kedua dan ketiga. Python yang pada oktober tahun 2017 diurutan ke 5, di Oktober 2018 mengalami kenaikan popularitas menjadi urutan ke 4. Visual Basic .NET mengalami kenaikan dari urutan ke 8 menjadi urutan ke 5, C# mengalami penurunan dari urutan 4 menjadi urutan ke 6. Sedangkan PHP tetap pada posisinya di urutan ke 7.

Setalah melihat hasil Tiobe Index, kita juga akan melihat index bahasa pemrograman populer dari sumber lainnya.

Pypl.github.io
PYPL PopularitY of Programming Language Index dibuat dengan menganalisis seberapa sering tutorial bahasa pemrograman dicari di Google. Semakin sering tutorial bahasa pemrograman yang dicari, maka disaumsikan bahasa pemrograman itu semakin populer dan data mentah dari hasil index ini diambil dari Google Trends.

Hasil PYPL PopularitY of Programming Language Bulan November 2018

Dari hasil index oleh Pypl.github.io, Python menjadi bahasa pemrograman yang paling populer di bulan November 2018, disusul Java, Javascript C#, PHP, C/C++, R, Objective-C, Swift dan Matlab.

Dari kedua referensi di atas, silahkan dipertimbangkan sendiri bahasa-bahasa pemrograman yang akan ditekuni sehingga cita-cita teman-teman untuk menjadi programmer handal bisa tercapai.

Aamiin.....