Widget HTML #1

Membuat Enrolment Key atau Kunci Masuk pada E-Learning Moodle

Mata Pelajaran (course) yang telah dibuat dapat diberikan Key/Password. Tujuan pembuatan key ini adalah untuk membatasi supaya hanya peserta kursus atau mahasiswa atau siswa yang mengetahui key-nya yang dapat bergabung ke kursus atau pelajaran yang kita ajar. Key/Password dapat diberikan kepada peserta atau siswa saat pertemuan di kelas. Key/Password dibutuhkan ketika Pengajar atau Guru atau Dosen mengizinkan mahasiswa untuk bergabung sendiri ke kursus/pelajaran/mata kuliah yang di ajar. Jika dosen memasukkan (enroll) peserta/siswa/mahasiswa secara manual, maka key/password ini tidak perlu dibuat.

Untuk membuat Key/Password pada kursus/mata pelajaran/mata kuliah, silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini:

Pertama (1) - Login sebagai Pengajar/Guru/Dosen atau jika sudah login, silahkan kembali ke menu Site Home, kemudian klik pada salah satu mata pelajaran / mata kuliah (course) yang akan dibuat key/password nya.

Pilih Mata Pelajaran / Kursus
Kedua (2) - Setelah Mata Kuliah (Course) terbuka, klik pada simbol Gear di sebelah kanan Judul Mata Kuliah, lalu klik More.
Pengaturan Kursus
Ketiga (3) - Klik Tab Users kemudian klik pada Enrolment Methods
Enrolment Method
Keempat (4) - Setelah tampil halaman enrolment methods, Dosen dapat mengaktifkan Self enrolment (Student) dengan mengklik gambar mata, dan untuk memberikan key/password Pengajar/Guru/Dosen dapat mengklik gambar gear pada baris yang sama.
Mengaktifkan Self Enrolment
Kelima (5) - Setelah di klik gambar gear (edit), masukkan Enrolment Key seperti contoh gambar berikut:
Memasukkan Enrolment Key
Pada halaman ini, pengajar/guru/dosen juga dapat melakukan pengaturan lain selain menambahkan enrolment key.

Keenam (6) - Jika form sudah sesuai, klik Save Changes dan sampai tahap ini, hanya peserta/siswa/mahasiswa yang mengetahui Enrolment Key yang dapat bergabung ke mata pelajaran / mata kuliah yang bapak/ibu ajar di elearning moodle.

Selamat mencoba dan semoga berhasil....