Mengisi Materi Pembelajaran pada E-Learning Moodle

Materi pelajaran adalah komponen terpenting dalam sebuah mata pelajaran, mata kuliah atau dalam kelas pembelajaran. Materi pelajaran adalah sesuatu yang disampaikan oleh pengajar (guru/dosen/instruktur) dalam sebuah kelas pembelajaran. Materi pelajaran ini mungkin akan berbeda-beda pada setiap mata pelajaran, mata kuliah atau modul training tertentu. Pada pembelajaran konvensional, materi dapat berupa buku, modul, LKS, dan sebagainya.

Moodle sebagai platform E-Learning atau Learning Manajemen System (LMS) menyediakan berbagai jenis materi pelajaran atau di dalam moodle dikenal dengan sumber daya (resource). Sumber daya adalah item yang dapat digunakan guru atau dosen untuk mendukung pembelajaran, seperti file atau link.

Berikut ini beberapa jenis materi pelajaran atau sumber daya yang dapat ditambahkan pada kursus atau mata pelajaran di E-Learning moodle:
  1. Book - Sumber daya multi-halaman dengan format seperti buku. Guru dapat mengekspor Buku mereka sebagai IMS CP (untuk hal ini, admin harus mengizinkan peran guru untuk mengekspor IMS)
  2. File - File dapat berupa Gambar, dokumen pdf, spreadsheet, file suara, file video, dan file-file lainnya
  3. Folder - Untuk membantu mengatur file dan satu folder mungkin berisi file-file maupun folder lainnya
  4. IMS content package - Tambahkan materi statis dari sumber lain dalam format paket konten IMS standar
  5. Label - Dapat berupa beberapa kata yang ditampilkan atau gambar yang digunakan untuk memisahkan sumber daya dan kegiatan di bagian topik, atau dapat berupa deskripsi atau instruksi yang panjang.
  6. Page - Peserta atau siswa atau mahasiswa dapat melihat materi jenis ini dalam bentuk halaman web / HTML.
  7. URL - Dengan URL ini pengajar dapat mengarahkan peserta kursus atau siswanya ke halaman web di luar e-learning.
Setelah mengetahui jenis-jenis sumber daya atau materi yang didukung oleh moodle, sekarang anda akan belajar menambahkan materi pelajaran dengan beberapa langkah berikut ini:

Pertama (1) - Login sebagai Pengajar, namun bisa juga sebagai Admin atau Manager

Kedua (2) - Pilih salah satu kursus atau mata pelajaran yang akan diberikan materi pelajaran. Biasanya ketika Pengajar berhasil login akan ditampilkan beberapa kelas yang diajar seperti gambar berikut ini:
Daftar Kelas / Kursus / Mata Pelajaran / Mata Kuliah

Ketiga (3) - Klik salah satu untuk masuk ke mata pelajaran, dalam postingan ini saya contohkan masuk ke kursus Jaringan Komputer (Kelas A) atau JARKOM-TI-A, sehingga akan tampil kursus / mata pelajaran seperti tampilan berikut ini.

Tampilan Kursus / Mata Pelajaran Jaringan Komputer
Keempat (4) - Untuk menambahkan materi pelajaran harus mengaktifkan mode edit/ubah pada mata pelajaran. Caranya cukup mengklik icon Gear yang ada di bagian kanan dari Nama Mata Pelajaran kemudian klik Turn Editing On.
Mengaktifkan Mode Edit/Ubah
Setelah memilih Turn Editing On, maka bagian-bagian pada mata pelajaran akan dilengkapi dengan tool yang dapat digunakan oleh pengajar mengelola kelasnya termasuk menambahkan materi atau sumber daya.
Tools untuk mengelola mata pelajaran


Kelima (5) - Untuk menambahkan materi pengajar dapat mengklik "+ Add an activity or resource" pada masing-masing bagian. Namun sebelum menambah materi, seorang pengajar juga dapat mengubah judul bagian yang pada gambar di atas, judul bagian materi masih terlihat tanggal dan bulan (contoh : 10 October). Untuk mengubahnya cukup mengklik icon pensil yang berada di sebelah kanan judul bagian, lalu mengganti judul dengan mengetikkan judul yang baru dan menekan Enter untuk menyimpan.
Edit Judul Bagian Materi
Setelah judul bagian materi kita rubah dan telah sesuai, selanjutnya kita tambahkan materi pelajaran dengan mengklik "+ Add an activity or resource".
Klik add an activity or resource

Keenam (6) - Pilih RESOURCE, File lalu klik pada tombol Add.
Add Resource File

Ketujuh (7) - Lengkapi Form Materi (Name, Description dan Select File), seperti contoh pada gambar berikut ini:
Melengkapi form Materi Pelajaran
Kedelapan (8) - Tambahkan pengaturan lain jika diperlukan dan klik pada Save and return to course.
Simpan Materi Pelajaran
Sampai langkah kedelapan, materi pelajaran dalam bentuk file telah berhasil ditambahkan dengan tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Materi Pelajaran dalam Bentuk File 
Pelajar/Siswa/Peserta kelas Jaringan Komputer dapat melihat dan mendownload materi pelajaran tersebut.
Materi File PDF dilihat oleh siswa
Pengajar dapat menambahkan sumber daya atau materi pelajaran dengan jenis yang lain, seperti URL, Page dan lainnya.

Selamat mencoba... semoga bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Mengisi Materi Pembelajaran pada E-Learning Moodle"

Posting Komentar