Widget HTML #1

Remote Komputer Menggunakan Smartphone Android

Remote komputer merupakan aktivitas mengendalikan komputer dari jarak jauh menggunakan tools tertentu. Pada postingan ini saya akan membahas bagaimana meremote komputer menggunakan Chrome Remote Desktop. Remote komputer dengan Chrome Remote Desktop ini dapat dilakukan melalui internet dengan komputer lain atau menggunakan smartphone.
Remote Komputer Menggunakan Smartphone Android
Berikut ini penjelasan dari Google secara resmi tentang Chrome Remote Desktop:
Chrome Remote Desktop memungkinkan pengguna mengakses komputer dari jarak jauh melalui browser Chrome atau Chromebook. Komputer dapat tersedia pada basis jangka pendek untuk skenario seperti dukungan jarak jauh ad hoc, atau dalam jangka waktu yang lebih panjang untuk akses jarak jauh ke aplikasi dan file Anda. Semua koneksi sepenuhnya aman.
Chrome Desktop Jarak Jauh sepenuhnya lintas platform. Berikan bantuan jarak jauh ke pengguna Windows, Mac, dan Linux, atau akses desktop Windows (XP dan di atasnya) dan Mac (OS X 10.6 dan yang lebih tinggi) kapan saja, semua dari browser Chrome di hampir semua perangkat, termasuk Chromebook.

Baik langsung saja, untuk dapat meremote desktop dengan Chrome Remote Desktop ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu:

Persiapan di Komputer
  1. Install Google Chrome
  2. Install Extension Chrome Remote Desktop dari SINI

Persiapan di Smartphone
  1. Install Chrome Remote Desktop dari PlayStore (Android)

Setelah semua disiapkan selanjutnya ikuti langkah demi langkah berikut ini:

Pertama (1) - Jalankan Chrome Remote Desktop melalui Chrome Launcer atau Pintasan Aplikasi Google Chrome
Pintasan Aplikasi Chrome
Tampilan awal dari Chrome Remote Desktop terlihat seperti gambar di bawah ini:
Tampilan Chrome Remote Desktop
Lakukan konfigurasi dengan mengklik tombol Memulai seperti gambar di atas.

Kedua (2) - Mengaktifkan sambungan jarak jauh, dengan mengklik tombol Aktifkan Sambungan Jarak Jauh seperti gambar di bawah ini.
Mengaktifkan sambungan jarak jauh
Ketiga (3) - Mendownload Installer Host Chrome Remote Desktop seperti tampilan pada gambar di bawah ini. Klik Setuju dan Install.
Download Installer Host Chrome Remote Desktop
Simpan file installer di tempat yang aman seperti contoh pada gambar berikut:
Simpan file installer Host Chrome Remote Desktop

Setelah file installer di download, jalankan file installernya, jika muncul peringatan keamanan (security warning) seperti gambar di bawah ini, klik Run.
Security Warning
Ikuti sampai instalasinya selesai.

Keempat (4) - Setelah proses instalasinya selesai, selanjutnya masukkan PIN minimal 6 digit. Pin ini digunakan untuk keperluan remote desktop dari smartphone nantinya.
Masukkan PIN
Setelah PIN dimasukkan dan klik tombol Oke, maka status remote desktop sudah aktif yang ditandai dengan tampilan berikut:
Status Remote Desktop Aktif

Yang perlu diperhatikan sebelu melakukan remote dari Android adalah email yang digunakan untuk login di Chrome harus sama dengan yang digunakan pada aplikasi Chrome Remote Desktop yang di Android.

Berikut ini tahapan menggunakan Chrome Remote Desktop di Android

Pertama (1) - Install Chrome Remote Desktop (jika anda belum melakukan instalasi sebelumnya) jika sudah tingal dijalankan.
Install / Buka Aplikasi Chrome Remote Desktop

Kedua (2) - Pastikan Login dengan Email yang sama dengan di Chrome Desktop. Tampilan Chrome Remote Desktop seperti berikut:
Tampilan Chrome Remote Desktop
Jika pada tampilan Chrome Remote Desktop belu muncul daftar PC yang dapat diremote klik Refresh yang ada pada sudut kanan atas.

Jika terdapat komputer yang siap di remote tampilan akan muncul seperti berikut:
Komputer yang Siap Diremote
Ketiga (3) - Sentuh pada nama komputer yang siap di remote dan masukkan PIN sesuai dengan PIN yang telah dibuat pada saat konfigurasi di komputer.
Masukkan PIN
Keempat (4) - Klik sambungkan dan tampilan desktop komputer anda akan tampil di layar android anda. Selanjutnya komputer sudah dapat diremote atau dikendalikan menggunakan Android anda.
Tampilan Komputer di Android
Anda dapat menampilkan keyboard dengan mengklik Icon Keyboard di bagian atas sebelah kanan. sehingga tampilan keyboar akan muncul seperti gambar berikut ini:
Tampilan Keyboard Android saat Meremote Komputer

Sampai tahap ini anda sudah berhasil meremote komputer atau laptopnya menggunakan Smartphone android. Anda dapat melakukan remote darimanapun selagi komputer anda terkoneksi ke internet dan smartphone anda juga terkoneksi ke internet. 

Selanjutnya silahkan dicoba-coba fitur-fitur yang lain. Semoga bermanfaat.