Widget HTML #1

4 Faktor Yang Membuat Seseorang Ingin Berbelanja Online

Belanja Online sudah menjadi hal yang sering dilakukan di masyarakat di era digital ini. Berbagai platform tempat berbelanja online juga menjamur. Bermacam-macam produk juga tersedia di toko online dengan keterangan dan review produk yang bervariasi.
Belanja Online
Masyarakat di era digital umumnya menginginkan inovasi dan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Hadirnya platform jual beli online, media sosial, dan transaksi pembayaran secara elektronik merupakan pilihan yang efisien bagi masyarakat.

Chayapa & Cheng Lu menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk berbelanja online, yaitu:

1. KENYAMANAN

Faktor kenyamanan ini penting terutama bagi masyarakat yang menghindari keramaian yang berdesak-desakan apabila berbelanja di toko, apabila saat ada diskon dan di hari hari-hari libur. Masyarakat memilih berbelanja online juga untuk menghindari interaksi tatap muka yang terkadang menimbulkan ketidaknyamanan ketika sedang berbelanja. 

2. KELENGKAPAN INFORMASI

Internet membuat akses terhadap informasi lebih mudah. Selain itu beberapa platform menyediakan fitur rating dan review untuk memberikan ulasan tentang kualitas dan informasi produk. Hal ini juga memudahkan masyarakat dalam menentukan kualitas barang yang akan dibeli. Selain itu juga masyarakat dapat mengetahui kualitas pelayanan dari toko tempat dia berbelanja.

3. KETERSEDIAAN PRODUK DAN JASA

Hanya dengan mengakses website, masyarakat dapat mengetahui ketersediaan barang tanpa harus berkunjung ke toko tersebut. Hal ini juga membantu calon pembeli yang berlokasi jauh dengan toko, dengan tidak perlu berkunjung namun tetap dapat membeli barang secara online. 

4. EFISIENSI BIAYA DAN WAKTU

Beberapa website, contohnya eBay, menawarkan kepada calon pembeli harga terbaik dengan membandingkan harga di beberapa toko sekaligus. Perbandingan harga ini menjadi berarti bagi calon pembeli. Selain itu, online shopping dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. 
Indonesia dikenal sebagai salah satu pemilik pasar offline terbesar di dunia, Indonesia saat ini tengah mempersiapkan marketplace yang siap bersaing secara online. Digitalisasi pun menjadi hal yang penting dilakukan untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat digital. Digitalisasi ini tidak bisa dilakukan hanya satu sisi, dari konsumen maupun produsen saja, tetapi semua sektor dan semua pihak agar Indonesia dapat menjadi negara yang terintegrasi dan siap untuk menghadapi globalisasi.

Referensi :
Sumber Literasi Digital, Strategi Kewirausahaan Digital, Sebuah Panduan untuk UMKM, Startup, dan E-Commerce - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika