Widget HTML #1

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word

Membuat grafik diperlukan untuk mempermudah penyampaian informasi kepada seseorang atau lembaga tertentu. Dengan grafik, data dapat dibaca dengan mudah sehingga mempermudah juga dalam menyimpulkan suatu data menjadi informasi tertentu, seperti peningkatan mahasiswa aktif dari tahun ke tahun pada sebuah Universitas dan lain sebagainya.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word
Contoh Grafik

Apa itu Grafik?

Grafik adalah bentuk penyajian data yang terdapat dalam table yang ditampilkan ke dalam bentuk gambar. Selain itu grafik juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang,  lukisan, yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses menyampaikan informasi.

Komponen Grafik

Grafik mengandung komponen-komponen atau bagian yang dapat membantu dalam menginterpretasikan data. Berikut adalah bagian-bagian yang ada pada grafik:

  1. Chart Title: Judul Grafik harus menggambarkan dengan jelas apa yang digambarkan pada grafik.
  2. Vertical Axis: Sumbu vertikal, juga dikenal sebagai sumbu y, adalah bagian vertikal dari grafik. Di sini, sumbu vertikal mengukur nilai dari kolom. Pada kali ini, nilai yang dimaksud adalah total mahasiswa aktif pada masing-masing fakultas.
  3. Horizontal Axis: Sumbu horizontal (juga dikenal sebagai sumbu x) adalah bagian horizontal dari grafik. Di sini, sumbu horizontal mengidentifikasi kategori pada grafik. Dalam contoh ini, menunjukkan fakultas-fakultas.
  4. Data Series: Serial data terdiri dari titik-titik data yang terkait dalam grafik.
  5. Legend: Legenda mengidentifikasi setiap serial data yang mewakili masing-masing warna grafik. Dalam contoh ini, legenda mengidentifikasikan tahun yang berbeda pada grafik.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word

Untuk membuat grafik dapat dilakukan dengan berbagai software, seperti microsoft word, microsoft excel atau software-software lainnya.

Nah kali ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana cara membuat grafik di microsoft word. Tentu ini bukan ilmu yang sulit, bahkan pengunjung blog ini mungkin ada yang menganggap postingan tidak ada gunanya dan segera menutup halaman ini. Tapi saya tetap yakin, postingan ini ada manfaatnya.

Baik langsung saja, untuk membuat grafik ikuti langkah-demi langkah berikut ini:

Pertama (1) - Buka Microsoft Word dan letakkan kursor pada posisi grafik akan ditempatkan.

Penempatan Kursor
Penempatan Kursor

Kedua (2) - Klik Insert > Chart

Insert Chart
Insert Chart

Sebuah grafik diikuti tampilan spreadsheet yang berisi data sumber grafik, pada tampilan spreadsheet inilah kita akan memasukkan data-data yang diperlukan. Data Sumber adalah data yang akan digunakan Microsoft Word untuk membuat grafik.

Data Sumber Grafik
Data Sumber Grafik


Ketiga (3) - Lengkapi Data Sumber dengan data-data anda atau untuk latihan anda bisa mengikuti data pada gambar di bawah ini.

Lengkapi Data Sumber Grafik
Lengkapi Data Sumber Grafik


Keempat (4) - Jika data sumber sudah lengkap, selanjutnya data sumber dapat ditutup dengan mengklik tanda (x) seperti pada gambar berikut:

Tutup Spreadsheet Data Sumber
Tutup Spreadsheet Data Sumber

Setelah itu grafik lengkap akan terlihat seperti gambar berikut ini.

Grafik Lengkap
Grafik Lengkap


Kelima (5) - Merubah Chart Title (Judul Grafik), untuk merubah judul grafik dapat langsung di klik pada area Chart Title kemudian Ubah teks sesuai dengan judul grafik yang diinginkan.

Klik Chart Title untuk Mengganti Judul Grafik
Klik Chart Title untuk Mengganti Judul Grafik

Setelah judul grafik diganti, maka tampilan grafik akan terlihat seperti gambar berikut ini.

Grafik Mahasiswa Aktif 3 Tahun Terakhir
Grafik Mahasiswa Aktif 3 Tahun Terakhir


Jika anda ingin mengedit grafik, anda dapat mengklik grafik dan gunana tab Design dan Format yang ada pada Ribbon Microsoft Word Anda.

Tool Untuk Edit Grafik
Tool Untuk Edit Grafik

Misalnya kita ingin merubah tipe grafik, kita dapat mengklik icon Change Chart Type, dan memilih tipe grafik yang diinginkan.

Change Chart Type
Change Chart Type

Pilih Tipe grafik
Pilih Tipe grafik

Sehingga Grafik akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Grafik Line
Grafik Line

Sampai disini pembuatan grafik selesai, anda dapat membuat grafik yang lain sesuai dengan kebutuhan. Sekali lagi postingan ini hanyalah contoh cara membuat grafik yang sederhana, jika ada saran dan kritik silahkan masukkan ke kolom komentar. Terima kasih...