Contoh Aplikasi Perpustakaan Sederhana dengan Microsoft Access

Aplikasi perpustakaan digunakan untuk mengelola aktifitas di perpustakaan seperti pengelolaan katalog buku, pendaftaran anggota dan transaksi peminjaman buku. Selain itu juga sering digunakan untuk kebutuhan pencetakan laporan yang dilakukan oleh pustakawan.
Aplikasi Perpustakaan Sederhana Dengan Ms. Access
Untuk menangani semua aktifitas di perpustakaan tentu bukan hal yang mudah, karena semakin berkembangnya teknologi perpustakaan pun terus berkembang dalam hal penyediaan informasi dan literasi. Teknologi internet juga mempengaruhi berkembanganya teknologi di perpustakaan, seperti katalog buku online dan referensi online.

Pada postingan kali ini bukan bermaksud untuk memenuhi kebutuhan itu, namun saya hanya ingin berbagi contoh aplikasi sederhana untuk latihan membuat aplikasi perpustakaan. Sebuah aplikasi yang dapat menyimpan data, tentunya tidak terlepas dari database. Database relasional terdiri dari tabel-tabel yang salin berelasi. Pada contoh aplikasi perpustakaan ini relasi tabelnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Relasi tabel pada Aplikasi Perpustakaan Sederhana
Aplikasi perpustakaan ini dibuat menggunakan Microsoft Access sehingga jika anda pengguna windows dan sudah terinstall Microsoft Office biasanya anda dapat langsung menggunakan Microsoft Access. 

Pada contoh aplikasi perpustakaan ini aplikasi mampu digunakan untuk mengelola data buku, input buku baru, edit data buku dan hapus data buku. Selain mengelola data buku juga dapat mengelola data anggota, memproses peminjaman buku dan mencetak laporan buku, laporan anggota dan laporan transaksi peminjaman buku.

Selanjutnya untuk belajar membuat aplikasinya silahkan menonton video tutorial berikut ini:


Selamat belajar dan semoga mendapat manfaat dari postingan ini....

Subscribe to receive free email updates:

2 Komentar Pada "Contoh Aplikasi Perpustakaan Sederhana dengan Microsoft Access"