Sponsor

Install XAMPP Error Terus USB Webserver Menjadi Solusinya

Ada yang berkali-kali install XAMPP For Windows tapi selalu error. Error pada XAMPP bermacam-macam mulai dari Instalasi Gagal, Service Apache tidak bisa dijalankan, Service MySQL tidak bisa dijalankan dan error-error yang lainya. Error pada XAMPP sering terjadi karena beberapa hal, masalah pada windows, konfigurasi yang bentrok seperti penggunaan port 80 dan port 3306 dan sebab-sebab lainnya. 
Contoh XAMPP yang Error
Sebenarnya kalau anda mau meluangkan waktu browsing tentang masalah anda di google, pasti anda akan menemukan banyak sekali saran solusi yang dapat dilakukan mulai dari ngoprek konfigurasinya, melengkapi library windows yang dibutuhkan dan sebagainya.

Namun kali ini saya mencoba berbagi cara bagaimana ketika komputer anda selalu gagal install XAMPP di windows. Oke, langsung saja kita mulai:

Anda harus paham apa yang anda butuhkan ketika menginstall XAMPP, nah kebanyakan yang dibutuhkan adalah Web Server Apache, PHP dan MySQL. Apache digunakan untuk menjalankan aplikasi web yang dibuat menggunakan PHP, sedangkan MySQL digunakan untuk urusan Database. Dari sini kita bisa menyimpulkan yang dibutuhkan dari XAMPP adalah :
  1. Apache
  2. PHP
  3. MySQL

Memperbaiki Error itu terkadang melelahkan, khususnya bagi pemula yang baru ingin belajar php, belajar MySQL atau anda seorang mahasiswa yang disuruh dosen anda untuk install XAMPP di mata kuliah tertentu. Meskipun untuk sebagian orang juga sudah terbiasa dengan cara-cara mengatasi error pada saat install XAMPP.

Oke dari permasalahan di atas, solusi yang saya sarankan melalui artikel ini adalah mencari alternatif Software lain yang dapat memenuhi kebutuhan anda (Apache, PHP dan MySQL). Dan solusinya adalah USBWebserver yang dapat anda download di situs resminya USBWebserver.

Setelah anda berhasil mendownload USBWebserver, silahkan ikuti langkah-demi langkah di bawah ini:

Pertama (1) - Extract File USBWebserver.zip
Extract File USBWebserver
Kedua (2) - Jalankan USBWebserver dengan mengklik 2x file usbwebserver.exe seperti contoh pada gambar berikut.
Jalankan USBWebserver

Ketiga (3) - Jika muncul Security Warning seperti gambar di bawah ini, Klik Run.
Security Warning
Keempat (4) - Jika muncul Warning Security Alert, klik Allow Access, seperti contoh pada gambar berikut ini. Oh iya, jangan lupa pilih bahana "English".
Security Alert Untuk Apache dan MySQL
Kelima (5) - Jika tidak ada konfigurasi yang bentrok maka USBWebserver akan berjalan dengan menunjukkan Apache dan MySQL tercentang biru seperti gambar di bawah ini.
Tampilan USB Webserver
Jika tampilan di komputer anda sudah seperti ini, berarti UsbWebserver sudah siap digunakan. Anda dapat masuk ke root folder (kalau di XAMPP folder htdocs) dengan mengklik tombol Root dir, anda juga dapat langsung menjalankan tampilan localhost dengan mengklik tombol Localhost, dan untuk mengelola database dengan PHPMyAdmin anda dapat langsung mengklik  tombol PHPMyAdmin.

Namun jika ada error pada Apache atau MySQL, anda dapat mengubah konfigurasi dengan mengklik Setting dan tampilannya akan muncul seperti ini.
Setting USBWebserver
Anda dapat merubah Port Apache, atau Port MySQL dengan port yang belum digunakan misal 8081 atau 8082 untuk Apache dan 3306 atau 3307 untuk MySQL. Setelah semua diatur anda harus mengklik tombol save dan restart USBWebserver.

Oh iya ini tampilan Localhost dari USBWebserver nya.
Localhost USBWebserver

Dari gambar terlihat informasi :
  • Php 5.4.17
  • Httpd 2.4.6
  • PhpMyAdmin 4.0.4.2
  • MySQL 5.6.13
Jadi versi PHP yang digunakan adalah versi 5.4, jadi bagi anda yang menginginkan versi PHP di atas nya seperti php 5.6 atau php 7 maka USBWebserver belum dapat membantu anda. Tapi mari kita do'akan mudah-mudahan Segera rilis yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Oh satu lagi..., USB Webserver ini tidak perlu di install dan dapat dijalankan dari Flashdisk, sehingga sangat cocok untuk yang sering berpindah-pindah komputer.

Sekian.. terima kasih....


Belum ada Komentar untuk "Install XAMPP Error Terus USB Webserver Menjadi Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel