Widget HTML #1

Mengenal Istilah Web Master dan Ruang Lingkupnya

Istilah Web Master ini dapat disebut sebagai orang atau kelompok orang (grup) yang membuat, mendesain dan menciptakan sebuah web, baik web statis maupun web dinamis. Bagus atau tidaknya sebuah halaman web ada ditangan web master tersebut.
Ilustrasi Web Master
Dalam menciptakan sebuah halaman web tentunya banyak sekali yang harus dilakukan oleh seorang web master. Untuk itu dalam membangun sebuah website diperlukan sebuah tim yang terdiri dari :


Web Arsitek

Web Arsitek ini bertugas membuat rancangan awal dari halaman web yang akan dibangun, sehingga dalam hal ini harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan mengenai kategori website yang sesuai dengan kebutuhan.

Web Designer

Orang yang mendesain halaman-halaman web yakni menentukan bentuk desain dan elemen-elemen yang terdapat di dalam website, layout content, kombinasi warna, dan tipografi (bentuk huruf) yang sesuai dengan karakteristik website.

Web Programmer

Seorang Web Programmer bertugas untuk membuat aplikasi web, membuat kode- kode program untuk menghubungkanhalaman demi halaman dan fasilitas lain yang
diperlukan pada website.

Web Administrator

Ini adalah orang yang bertanggung jawab atas jalannya sebuah website. Tugasnya mengatur web server, menjaga database, update content, mengatur domain yang digunakan dll.

Selain  nama-nama di atas  masih  banyak  lagi sebutan  bagi web master  yang tentunya mempunyai spesifikasi   kemampuan   masing-masing,   seperti   Database Administrator, Web Trainer, HTML Cutter dll.