Widget HTML #1

Source Code Aplikasi PHP QR Code (Validasi Ijazah)

Sudah tau tentang QR Code (Kode QR) kan..? Menurut Wikipedia, Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.
Contoh Format Ijazah/Piagam/Sertifikat dengan QR Code
Ketika dokumen terpasang QR Code terlihat keren, namun sebatas terpasang saja tentu QR Code baru sebatas Accessories pada dokumen tersebut. Informasi yang tersimpan harus dapat dikelola dengan baik sehingga penggunaan QR Code menjadi benar-benar bermanfaat.
QR Code
Pada postingan kali ini, saya akan membagikan aplikasi sederhana yang saya buat menggunakan PHP dengan memanfaatkan beberapa library (sudah include pada aplikasi) nama librarynya adalah phpqrcode dan webcodecamjs

Oh iya untuk alur aplikasinya kira-kira seperti yang terlihat pada Use Case di bawah ini:
Use Case Aplikasi Validasi Ijazah dengan QR Code
Untuk menggunakan Aplikasi PHP QR Code (Validasi Ijazah) ini juga cukup mudah, QR Code dapat di generate oleh user admin, sedangkan untuk validasi ijazah siapapun dapat menggunakannya.
Login Aplikasi
Untuk cek Validasi Ijazah  pengguna tinggal klik pada tombol "Cek Validasi Ijazah dengan QR Code" sehingga tampilannya terlihat seperti gambar di bawah ini:
Membaca QR Code
Pilih kamera yang akan digunakan kemudian arahkan QR Code yang ada pada lembar ijazah ke kamera, dan aplikasi akan membaca QR Code serta menampilkan hasilnya. Jika data ditemukan maka akan tampil seperti informasi gambar di bawah ini:
Ijazah Ditemukan (Valid)
Sedangkan jika data tidak ditemukan maka informasinya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:
Ijazah Tidak ditemukan (Tidak Valid)
Baik..., kira-kira seperti itu aplikasinya dan untuk mendownload source code aplikasinya silahkan mengklik link di bawah ini:



Semoga sedikit yang saya bagikan ini dapat bermanfaat.