Widget HTML #1

Membuat Flowchart, DFD dan ERD dengan Software Gratis yEd Graph Editor

Membuat diagram adalah aktivitas penting bagi beberapa kalangan, seperti mahasiswa, dosen, guru, siswa, atau kalangan profesional. Berbagai diagram dibutuhkan untuk menjelaskan beberapa proses atau hubungan antar sesuatu dalam organisasi atau sistem tertentu.

Untuk kalangan mahasiswa IT, diagram-diagram yang sering dibuat diantaranya Flowchart, DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram).


Berbagai software dapat digunakan untuk membuat flowchart, DFD dan ERD. Namun kali ini saya akan berbagi tentang software gratis yang sangat powerful yaitu yEd Graph Editor. yEd adalah aplikasi desktop yang powerfull yang dapat digunakan secara cepat dan efektif dalam menghasilkan diagram dengan kualitas tinggi. Software ini (yEd) tersedia secara gratis dan berjalan di semua platform OS Komputer seperti Windows, Unix / Linux, dan macOS. Selain itu yEd juga dapat dioperasikan secara online (tanpa harus install di komputer) melalui url https://www.yworks.com/yed-live/.

Untuk lebih jelasnya silahkan download Installer yEd melalui situs resminya di SINI. Jika sudah di install, dan dijalankan seperti ini tampilan awalnya.

Tampilan Awal yEd Graph Editor

Dari tampilan awal yEd juga menyediakan sample document (dokumen contoh), tampilan dokumen contoh dari yEd seperti terihat pada gambar di bawah ini.

Dokumen Contoh yEd

yEd Graph Editor juga menyediakan tools editor untuk membuat diagram seperti flowchart, uml dan lainnya. 

Tool Editor yEd (Palette)

Berikut ini adalah contoh flowchart yang dibuat dengan yEd Graph Editor.

Membuat Flowchart di yEd Graph Editor

Oh iya diagram yang dibuat dari yEd Graph Editor ini dapat di export ke dalam bentuk gambar seperti jpg, png, bmp, swf dan juga kedalam bentuk file pdf. Sangat powerfull kan..?

Akhirnya, selamat mencoba membuat Flowchart, DFD, dan ERD menggunakan yEd Graph Editor secara Gratis...