Membuat Papan Informasi Laporan Keuangan Masjid atau Musholla

Salah satu kriteria pengurus masjid atau musholla yang baik adalah transparan dalam mengelola keuangan. Untuk itu, di sebuah masjid/musholla perlu adanya informasi kas atau keuangan yang dapat dilihat oleh semua jamaah masjid atau musholla. Papan informasi sampai saat ini masih menjadi media yang tepat untuk menampilkan informasi keuangan di sebuah masjid atau musholla.

Papan Informasi Laporan Keuangan Musholla
Untuk membuat papan informasi tersebut, dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dengan biaya yang murah. Berikut ini bahan dan peralatan yang diperlukan:
  1. Triplek Bening /Triplek Milamin
  2. Lis Kayu
  3. Paku Triplek
  4. Gergaji
  5. Palu (Penokok)
  6. Tinta Permanen (Spidol Permanen)
  7. Penggaris
  8. Pisau Cutter
  9. Isolasi (Lakban bening)
  10. Kertas HVS (Sesuai Kebutuhan)
  11. Laptop dan Printer
Untuk mendapatkan bahan dan alat di atas ada 3 cara yaitu membeli, meminjam atau meminta (bantuan) tergantung kondisi.


Baik langsung untuk tahapan pembuatannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pertama (1) - Memotong triplek sesuai ukuran dan memasang lis kayu, dalam contoh yang saya buat, triplek sudah terpotong dengan ukuran 122cm x 122cm, dan lis kayu juga sudah dipasang oleh orang lain (jamaah mushola). Sehingga saya tidak melakukan langkah ini.

Triplek yang telah terpasang lis kayu
Kedua (2) - Membuat desain untuk teks yang akan dibuat permanen. Untuk membuatnya saya menggunakan program Microsoft Excel. Gunakan WordArt sehingga teks bisa dibuat dalam ukuran besar dan dapat dicetak dalam beberapa kertas hvs menyesuaikan ukuran papan informasi.

Saya membuat ukuran huruf Arial (120) dengan pilihan WordArt seperti pada gambar di bawah ini.

Desain Teks Laporan Keuangan Musholla
Ketiga (3) - Melubangi kertas sesuai dengan teks menggunakan Pisau Cutter dan menyambung kertasdengan isolasi atau lakban bening. Lubang-lubang ini digunakan sebagai mal atau panduan dalam membuat tulisan pada papan informasi.
Kertas yang telah disambung dan dilubangi
Keempat (4) - Tempelkan kertas yang telah dilubangi pada papan informasi sesuai dengan posisi yang tepat dan mulailah membuat tulisan pada lubang-lubang kertas dengan tinta permanen, anda dapat menggunakan gabus untuk menempelkan tintanya. Karena saya hanya punya spidol permanen, jadi saya membuatnya menggunakan spidol. Kalau ada cat sebenarnya lebih bagus juga menggunakan cat.
Menempelkan Kertas di Papan Informasi
Kelima (5) - Mulai membuat garis-garis untuk membuat kolom informasi sesuai dengan kebutuhan.
Papan Informasi yang sudah jadi
Baik, itulah cara sederhana membuat papan informasi keuangan masjid atau musholla dengan biaya murah. Tapi bagi yang memiliki dana yang cukup atau lebih, mungkin bisa memesan langsung papan pengumuman ke tempat yang memang profesional untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa kalau sudah ada papan informasi keuangannya ramaikan juga masjid atau mushollanya dengan aktivitas ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Salam Tutup Kurung...

Subscribe to receive free email updates:

0 Komentar pada "Membuat Papan Informasi Laporan Keuangan Masjid atau Musholla"

Posting Komentar