Sponsor

Cara Install Aplikasi PDDIKTI Feeder Linux Version di Ubuntu Server 16.04

Sebelum mambahas instalasi PDDIKTI FEEDER V2.3 Linux Version, perlu kita ketahui apa itu PDDIKTI. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau yang biasa dikenal dengan PDDIKTI merupakan kumpulan data penyelenggaraan kegiatan Pendidikan Tinggi di seluruh Perguruan Tinggi yang terintegrasi secara nasional. Data yang ada dalam aplikasi ini akan terhubung dengan forlap, di mana data-data dalam feeder akan dikirim ke forlap melalui jaringan internet. Aplikasi ini nantinya akan membantu perkembangan perguruan tinggi dengan mengirimkan informasi-informasi terkait penyelenggaraan kegiatan di perguruan tinggi masing-masing.
PDDIKTI Feeder Linux Version
Setelah itu kita harus tau juga bahwa PDDIKTI Feeder 2.3 Linux Version ini hanya digunakan untuk Ubuntu versi 16.04 dan Debian versi 9. Jadi alangkah baiknya jika temen-temen juga menggunakan antara kedua OS tersebut.

Sedangkan dalam postingan kali ini, penulis menggunakan Ubuntu Server versi 16.04 64Bit. Untuk proses pembuatan tutorial ini penulis menggunakan mesin virtual yang dibuat menggunakan VirtualBox yang berjalan di atas Windows 7. Tapi jangan khawatir, proses installasi ini juga bisa diterapkan pada mesin fisik (komputer server atau yang sekedar difungsikan sebagai server, hehe)

Berikut tahapan Instalasi yang harus dilakukan:
Tahapan Umum Installasi Feeder Linux Version
Dari tahapan di atas saya akan coba jelaskan tahapan demi tahapan dalam bentuk tutorial instalasi PDDIKTI Feeder Linux pada Linux Ubuntu Server 16.04 di bawah ini:

Pertama (1) Download Installer Ubuntu Server 16.04, penulis mendownloadnya DARI SINI, sedangkan Installer PDDIKTI Feeder Linux Version dapat menuju ke laman Download forlap.ristekdikti.go.id (DI SINI).

Kedua (2) Siapkan Mesin Virtual (VM) di Virtual Box (jika menggunakan komputer fisik, langkah ini bisa di lewati dan langsung menuju langkah berikutnya. Untuk bagisn ini tidak saya jelaskan cara pembuatan VM nya, tapi spesifikasi yang saya gunakan dapat dilihat pada gambar berikut:
Spesifikasi VM Untuk Install Ubuntu Server 16.04
Ketiga (3) Install Ubuntu Server 16.04 64Bit (Cara installnya seperti biasa, namun pada tahap software selection pastikan hanya memilih standard system utilities dan OpenSSH Server) lihat gambar di bawah ini.
Software Selection Standar Minimal
Keempat (4) Setelah Instalasi selesai, silahkan login dengan user yang telah dibuat saat instalasi ubuntu, kemudian login sebagai Super User dengan mengetikkan perintah $ sudo su lalu enter dan masukkan passsword.

Kelima (5) Setalah masuk sebagai super user, lakukan ppdate dengan perintah # apt-get update, boleh juga lakukan upgrade dengan perintah # apt-get upgrade. Namun pada percobaan ini penulis hanya melakukan update.

Keenam (6) Konfigurasi IP Address, karena saya mengunakan mesin virtual, saya menggunakan 2 Network Interface (NAT dan Host Only Adapter), Pada server ubuntu saya NAT terbaca sebagai enp0s8 untuk keperluan koneksi internet pada ubuntu, dan sedangkan Host Only Adapter terbaca sebagai enp0s3 sebagai keperluan akses remote dari komputer Host (Windows 7). 

Jika kalian mengaktifkan DHCP di VirtualBox, maka keduanya cukup di konfig DHCP, sehingga proses ini dapat dilewati, yang penting sudah mengetahui ip addressnya. 
Aktifkan DHCP pada Jaringan Host Only Adapter 
Untuk mengecek IP Address nya dapat menjalankan perintah # ifconfig
IP Address Ubuntu Server
Ketujuh (7) Pastikan server sudah konek ke internet untuk keperluan install software UnZip (bisa dilewati jika file installer yang dikirim ke server sudah hasil extract. Cek koneksi internet dengan perintah # ping 8.8.8.8
Cek Koneksi Internet
Kedelapan (8) Install Software UnZip dengan perintah # apt install unzip untuk mengextrack file Installer PDDIKTI Feeder Linux yang kita download dan kita kirim ke Server. Untuk mengirimkan file installer ke server, saya menggunakan software WinSCP (untuk cara ngirimnnya bisa cari tutorialnya di internet)

Kesembilan (9) Masuk ke dalam folder dimana tempat file installer berada dengan perintah # cd /home/kruwell/FeederLinux (FeederLinux ini adalah folder saya, tentu kalian bisa menyesuaikan). Lihat isi foldernya dengan perintah # ls
Buka Isi Folder dengan perintah ls
Kesepuluh (10) Extract Installer Feeder Linux Version dengan perintah # unzip Feeder_2.2_Amd64.zip
Extrack File Installer Feeder Linux Version
Kesebelas (11) Masuk ke folder hasil Extract dengan perintah # cd Feeder_2.2_Amd64 dan jalankan perintah # ls

Keduabelas (12) Setelah itu ubah permission file INSTALL dengan perintah # chmod +x INSTALL dan permission file UNINSTALL dengan menuliskan perintah # chmod +x UNINSTALL agar file INSTALL bisa dieksekusi(execute).
Ubah Permission File INSTALL
Ketigabelas (13) Kemudian install Feeder Linux Version dengan perintah berikut # ./INSTALL dan tunggu proses instalasinya hingga selesai.
Menjalankan Installasi Feeder Linux Version
Tanda Proses Instalasi Feeder Linux Version Selesai
Jika tidak ada masalah maka feeder seharusnya sudah dapat diakses melalui url server http://192.168.56.101:8082 (sesuai dengan IP Address Server)
Tampilan Aplikasi PDDIKTI Feeder sebelum di lakukan Patch

Keempatbelas (14) Lakukan Patch Menjadi Feeder 2.3 dengan perintah-perintah berikut:

# unzip Patch_2.3_Amd64.zip
# cd Patch_2.3_Amd64
# chmod +x UPDATE_PATCH.2.3
# ./UPDATE_PATCH.2.3

Sampai tahap ini, Installasi Feeder Linux Version telah selesai dan tampilan aplikasi Feeder menjadi seperti pada gambar berikut ini.
Aplikasi Feeder Setelah di Patch
Selanjutnya tinggal lakukan Update Prefill seperti biasa.

Demikian tutorial Instalasi PDDIKTI Feeder Linux Version pada Ubuntu Server 16.04, mudah-mudahan ada manfaatnya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan mengisi komentar di bawah postingan ini:

Kunjungi Juga :

Belum ada Komentar untuk "Cara Install Aplikasi PDDIKTI Feeder Linux Version di Ubuntu Server 16.04 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel