Sponsor

Backup/Restore Database MySQL Menggunakan Fitur Export dan Import di phpMyAdmin

Dalam mengelola database, tentu kenal dengan istilah backup dan restore database, khususnya database MySQL. Backup adalah  aktifitas atau proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan. Sedangkan Restore adalah aktivitas atau proses pengembalian kembali data yang sudah di backup.
phpMyAdmin Backup/Restore
Jika kalian menggunakan XAMPP di komputernya, kalian bisa menggunakan phpMyAdmin untuk melakukan backup dan restore database MySQL. Di phpMyAdmin ada fasilitas Export dan Import, yang dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan backu dan restore database MySQL.

Dalam postingan ini saya mengunakan database dengan nama akademik untuk mencontohkan cara melakukan Export dan Import Database MySQL menggunakan phpMyAdmin.

Cara Backup/Export Database MySQL

1. Buka phpMyAdmin dengan url http://localhost(ip_server)/phpMyAdmin dan Login menggunakan username dan password MySQL (jika menggunakan password)
Login PHPMyAdmin
2. Klik pada database dalam contoh ini nama databasenya "akademik" yang akan di Backup/Export > klik menu Export
Pilih Database Yang Akan di Export
3. Klik tombol Kirim untuk memproses Export Database "akademik".
Kirim Export Database
4. Simpan file backup "akademik.sql" pada folder yang telah kalian siapkan.
Simpan File SQL
5. File yang tersimpan adalah file hasil backup database "akademik" dengan nama "akademik.sql" seperti terlihat pada gambar di bawah ini;
File Sql Tersimpan
Setelah database berhasil kita backup/export, selanjutnya kita akan belajar bagaimana restore/import database. Database dengan nama "akademik" yang telah kita backup dapat kita restore/import ke dalam server database.

Catatan:
Hasil Backup/Export database dapat direstore atau diimport kembali ke database server dan nama databasenya tidak mesti sama dengan nama database sebelumnya. Misalkan database yang dibackup dengan nama akademik, dan kita akan merestore ke database dengan nama sekolah, hal ini memungkinkan jadi nama database tujuan restore tidak mesti sama dan sesuai kebutuhan.

Cara Restore/Import Database MySQL

1. Buka kembali phpMyAdmin (boleh di server yang sama atau server yang berbeda)
2. Buat database baru, pada contoh kali ini saya akan membuat database dengan nama sekolah, caranya klik Menu Database / Basis Data > masukkan nama database "sekolah" > klik tombol Buat/Create. Seperti pada gambar di bawah ini.
Buat Database Baru
3. Jika database telah dibuat, kalian klik database dengan nama "sekolah", lalu klik Import.
Halaman Import Database
4. Selanjutnya klik tombol Choose File dan pilih file database hasil backup sebelumnya (akademil.sql)
Pilih File yang Akan Diimport
5. Scroll ke bawah dan klik tombol Kirim, untuk memulai import database.
Kirim Untuk Proses Import Database
Setelah proses selesai kalian akan melihat tampilan yang mirip seperti gambar berikut ini.
Proses Import Database Selesai
Dengan beberapa langkah di atas kalian sudah bisa melakukan Backup dan Restore database dengan phpMyAdmin dengan memanfaatkan menu Export dan Import. Jika ada kendala dalam proses import dan import database silahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini.

Belum ada Komentar untuk "Backup/Restore Database MySQL Menggunakan Fitur Export dan Import di phpMyAdmin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel