Sponsor

Mengatasi Masalah Fatal Error : Maximum execution time of 30 seconds exceeded di XAMPP

Kalian sedang belajar ngoding dengan PHP?, atau sedang mengerjakan tugas kuliah pemrograman web dengan PHP?, atau bahkan kalian sedang mengerjakan proyek aplikasi/program dengan PHP? Mungkin kalian pernah ditemui hantu error yang menjengkelkan seperti ini : Fatal Error : Maximum execution time of 30 seconds exceeded.
Fatal Error : Maximum execution time of 30 seconds exceeded PHP
Pesan error ini sebenarnya muncul dari konfigurasi standar PHP yang membatasi waktu proses, yaitu ketika proses tidak selesai dalam waktu 30 second, maka PHP akan meghentikan proses secara paksa. Terus tujuannya apa...? ya tentu ada tujuan baiknya juga, yaitu untuk membatasi supaya proses eksekusi tidak menggunakan resource seperti processor dan memory terlalu lama.

Tapi ada kalanya kita membuat program yang mungkin membutuhkan proses yang lebih dari 30 second, bisa jadi karena data yang diproses terlalu banyak, atau penggunaan fungsi yang tidak optimal seperti query database yang kurang optimal sehingga proses eksekusi membutuhkan waktu yang lama.

Baik, sekarang bagaimana mengatasi pesan Fatal Error : Maximum execution time of 30 seconds exceeded, pada XAMPP Windows.

Pertama (1) Cari folder xampp, letak folder ini sesuai dengan pilihan drive saat instalasi, saya sendiri menempatkannya di D:\, dan folder xampp saya rename menjadi xampp-php7, silahkan tamukan folder xampp yang anda gunakan.

Lokasi Folder XAMPP Windows
Kedua (2) Buka folder xampp\php\ dan cari file php.ini
Lokasi File php.ini
Ketiga (3) Buka file php.ini menggunakan text editor (notepad/notepad++), lalu cari baris "max_execution_time" dengan cara menekan tombol [CTRL]+[F] dan ketik "max_execution_time".
Max Execution Time
Keempat (4) Ubah nilai "max_execution_time" dengan nilai yang lebih tinggi dari 30. Kalian bisa mencobanya dengan 60, 120, 1000 atau dengan angka yang lain kemudian simpan kembali file php.ini, tapi juga jangan terlalu lama kasihan nanti processor nya.. hehe.
Ubah Nilai Max Execution Time
Kelima (5) Restart Apache malalui XAMPP Control Panel, dengan cara mengklik Stop, dan Start Kembali module Apache.
Restart Apache
Sampai tahap kelima, proses mengatasi masalah Fatal Error : Maximum execution time of 30 seconds exceeded di XAMPP selesai. Silahkan dicoba kembali menjalankan program php kalian, semoga masalah selesai dan koding pun menjadi menyenangkan.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini, insyaAllah akan saya jawab.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Masalah Fatal Error : Maximum execution time of 30 seconds exceeded di XAMPP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel