Widget HTML #1

Solusi Masalah Error The current role does not have access to this operation pada OJS 3.x

Open Journal Systems (OJS) saat ini banyak sekali digunakan di berbagai perguruan tinggi sebagai sistem pengelolaan publikasi artikel ilmiah dan hasil penelitian. OJS sendiri saat ini sudah mengalami banyak perkembangan, tentunya perkembangan ini bukan sekedar pada tampilan namun tentu banyak hal penting yang menjadi pertimbangan dalam pengembangan OJS ini.

Kali ini saya akan membahas tentang pesan error atau notifikasi error "The current role does not have access to this operation" yang mungkin akan ditemui saat pertama melakukan installasi OJS 3.x. Masalah ini saya temui ketika saya melakukan instalasi di Web Hosting dengan CPANEL. Masalah ini tidak saya temukan ketika saya install di VPS, Dedicate Server atau di Localhost seperti XAMPP atau MAMP.

Tampilan Notifikasi Error OJS yang saya maksud seperti pada tampilan di bawah ini:
Notifikasi Error The current role does not have access to this operation

Untuk menyelesaikan masalah di atas, saya hanya melakukan perubahan pada bagian file config.inc.php yang ada pada root folder OJS 3, yaitu dengan mengganti nilai session_check_ip dari bawaannya On menjadi Off seperti pada gambar di bawah ini.

Session Check IP
Sebenarnya cara di atas biasa digunakan untuk menyelesaikan masalah ketika OJS kita tidak bisa diakses melalui internet Hp, atau memang kita gagal login menggunakan HP. Tapi alhamdulillah masalahnya Error "The current role does not have access to this operation" selesai dengan solusi di atas.

Namun jika masalah tersebut tetap ada kalian bisa mencobanya dengan mengedit file AdminSettingsTabHandler.inc.php yang berada pada folder lib/pkp/controllers/tab/settings, ubah pada bagian:

$this->addRoleAssignment([ROLE_ID_MANAGER], ...

Ubah Menjadi :

$this->addRoleAssignment([ROLE_ID_MANAGER, ROLE_ID_SITE_ADMIN], ..

Mudah-mudahan cara ini dapat membantu memecahkan masalah OJS 3 yang kalian hadapi.

Salam TutupKurung.Com