Widget HTML #1

Contoh Tabel Inventaris/Aset Masjid atau Musholla Menggunakan Microsoft Excel

Salah satu hal penting yang sangat dianjurkan untuk pengurus masjid/musholla adalah mencatat aset masjid. Aset masjid/musholla ini  dapat berupa aset tetap maupun aset tidak tetap. Aset tetap dapat berupa tanah dan bangunan. Luas tanah milik masjid dan luas bangunan masjid perlu dicatat sebagai aset tetap. Sedangkan aset tidak tetap dapat berupa peralatan ibadah, sound system, perlengkapan kebersihan dan lain sebagainya. Aset yang tidak tetap ini perlu diberikan keterangan terkait kondisinya baik atau rusak. 

Untuk membuat tabel/daftar aset atau inventaris masjid/musholla kita dapat membuatnya dengan microsoft excel. Bentuk tabel dan kolom-kolom dapat dibuat sesuai kondisi yang ada, bentuk tabel mungkin saja berbeda antara masjid satu dengan masjid lainnya. Tapi setidaknya kolom-kolom tabel telah mencakup nama barang/aset, jumlah, satuan, kondisi dan keterangan tambahan jika diperlukan seperti contoh di bawah ini.

Contoh Tabel Inventaris/Aset Masjid atau Musholla Menggunakan Microsoft Excel
Contoh Tabel Inventaris/Aset Masjid atau Musholla Menggunakan Microsoft Excel


Dari contoh tabel inventaris masjid atau tabel aset masjid di atas, ada perbedaan tabel antara Aset tetap dengan Barang tidak tetap/Aset tidak tetap. Pada aset tetap kolomnya hanya No., Nama Aset dan Luas, di bagian Aset Tidak Tetap, terdapat No., Nama Aset (Barang), Jumlah, Satuan, Kondisi Baik, Kondisi Rusak dan Kolom Keterangan.

Untuk membuatnya di excel cukup mudah, namun saya tidak kan membahas excel lebih banyak disini. Jika belum pernah menggunakan excel atau masih pemula di excel kalian bisa belajar dari video tutorial excel yang sudah saya buat di : Seri Belajar Microsoft Excel.

Jika ingin langsung mendownload contoh tabel inventaris masjid yang sudah saya buat, kalian bisa langsung klik Download Tabel Inventaris/Aset Masjid atau Musholla.

Tampilan tabelnya seperti berikut ini.


Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Jangan lupa juga di share jika postingan ini bermanfaat.