Widget HTML #1

Membuat Halaman Judul atau Cover Skripsi/Makalah/Laporan Yang Rapi di Microsoft Word

Skripsi, makalah dan laporan sering ditemui oleh orang-orang yang berada di lingkungan pendidikan, bisa di sekolah, kampus atau lembaga pendidikan lainnya. Tugas yang diberikan oleh guru atau dosen atau instruktur tidak jarang berupa makalah atau laporan. Sedangkan skripsi adalah karya ilmiah wajib yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana.

Nah, salah satu komponen yang harus dibuat dalam membuat skripsi/makalah/laporan adalah Cover. Biasanya cara membuat cover ini juga berbeda-beda ada sebagian orang membuat cover ini dilakukan di awal, sehingga sebelum membuat isi makalah mereka telah membuat covernya, namun ada juga yang membuatnya setelah semua isi skripsi/laporan/makalahnya selesai. Itu sebenarnya pilihan saya, yang terpenting Cover yang kalian buat harus rapi dan sesuai dengan aturan yang diberikan oleh lembaga pendidikan kalian masing-masing.


Bagian-Bagian Cover

Cover skripsi, makalah atau laporan secara umum memiliki beberapa bagian atau komponen berikut ini:
  1. Judul : Judul ini biasanya terletak di paling atas dengan ketikan setting Bold dan ditulis dengan huruf kapital, untuk ukuran huruf biasanya 14 atau lebih.
  2. Logo/Lambang : Logo/lambang biasanya terletak di bawah judul, untuk ukurannya sendiri ada yang ditentukan, namun ada juga yang disesuaikan saja.
  3. Nama dan Identitas Penulis : nama penulis ini wajib dicantumkan disertia nomor identitas seperti NIS atau NPM.
  4. Nama Sekolah / Nama Universitas : Nama sekolah atau universitas ini ditulis dengan menggunakan huruf kapital dan Bold. Khusus untuk universitas, jangan lupa untuk menulis fakultas dan program studinya juga dengan urutan Program Studi kemudian Fakultas kemudian Nama Universitas.
  5. Tahun : Tahun biasanya diletakkan di baris terakhir pada cover. Kalian tinggal mengisi dengan tahun pembuatan makalah kalian.

Contoh Cover

Membuat Halaman Judul atau Cover Skripsi/Makalah/Laporan Yang Rapi di Microsoft Word
Contoh Cover Skripsi

Setelah melihat contoh di atas, sekarang mari kita mulai membuat cover skripsi atau makalah atau laporan yang rapi di microsoft word.


Cara Membuat Cover

Pertama (1) - Silahkan jalankan program Microsoft Word kalian, kemudian buat sebuah dokumen baru, dalam keadaan masih kosong, lalu simpanlah dengan nama "Proposal_Skripsi". Kalian bebas menggunakan Microsoft Word versi berapapun (2007, 2010, 2013, 2016, 2019).

Kedua (2) - Di Microsoft Word sudah disediakan template Cover yang bisa kalian pilih jika merasa ada yang cocok, kemudian kalian dapat menyesuaikan dengan kebutuhan cover kalian. Untuk memilih template cover, silahkan klik Tab Insert > Cover Page

Insert Cover Page
Insert Cover Page

Namun jika tidak ada yang sesuai, kalian bisa abaikan dan langsung ke langkah mendesain cover sendiri secara manual di langkah ketiga (3).

Ketiga (3) - Klik Center atau tekan tombol [CTRL] + [E], dan mulailah mengetik judul kalian, atur font menjadi Times New Roman, Ukuran 14 dan Bold. Seperti gambar berikut ini.

Mengetik Judul Skripsi
Mengetik Judul Skripsi


Keempat (4) - Tekan Enter sebanyak yang diperlukan untuk mengatur jarak antara judul dengan bagian di bawahnya, lalu ketik SKRIPSI.

Tambahkan Teks "Skripsi"
Tambahkan Teks "Skripsi"


Kelima (5) - Tekan Enter lalu masukkan Logo/Gambar yang diperlukan dengan cara Klik Tab Insert > Pictures, pilih gambar lalu klik Inserts seperti gambar berikut.

Insert Picture untuk memasukkan logo/lambang
Insert Picture untuk memasukkan logo/lambang

Sehingga hasilmnya terlihat seperti gambar berikut ini.

Tampilan Logo yang telah dimasukkan
Tampilan Logo yang telah dimasukkan

Kalian dapat menyesuaikan ukuran logo/lambang dengan mengklik bulatan-bulatan kecil pada gambar logo kemudian menarik untuk memperbesar atau memperkecil logo/lambang sesuai kebutuhan.

Keenam (6) - Lanjutkan dengan menekan enter sebanyak yang diperlukan kemudian ketik nama dan nomor identitas kalian, identitas lembaga dan tahun pembuatan skripsi/makalah/laporannya seperti gambar di bawah ini.

Cover lengkap dengan semua bagiannya
Cover lengkap dengan semua bagiannya

Kalian dapat mengatur jarah antar bagian dengan bermain Enter untuk menambah jarak dan Delete untuk mengurangi jarak di area kosong diantara bagian yang akan diberi jarak. Silahkan dicoba sampai cover benar-benar rapi sesuai dengan yang kalian inginkan.

Jika ada pertanyaan silahkan kalian menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Kalian juga bisa memberikan kritik dan saran melalui kolom komentar di bawah postingan ini.

Jika membutuhkan file hasil latihan ini, klik Download Contoh Cover