Widget HTML #1

Contoh Format Surat Kuasa Untuk Administrasi Desa Dalam Format Word (.docx)

Apakah kalian pernah meminta tolong orang lain untuk mewakili kalian dalam urusan penting, seperti mengambil BPKB di Kantor SAMSAT, atau urusan lain kemudian kalian harus membawa surat kuasa? Atau sebaliknya kalian pernah disuruh orang lain untuk urusan tertentu dan kalian diberi surat kuasa? Lalu Apa itu surat kuasa?

Surat Kuasa adalah surat yang isinya merupakan pelimpahan wewenang dari seseorang atau pejabat tertentu kepada seseorang atau pejabat lain. Pelimpahan wewenang itu dapat mewakili seseorang atau pejabat atau pihak yang memberi wewenang dalam urusan pribadi, bisnis, ataupun masalah hukum.

Contoh Surat Kuasa Dari Desa

Surat kuasa ini juga digolongkan menjadi dua yaitu Surat Kuasa Formal dan Surat Kuasa Non Formal. 

Beberapa macam surat kuasa diantaranya adalah:
  1. Surat Kuasa Pengambilan Dokumen (dapat berupa dokumen kependudukan, dokumen surat kendaraan dan lain-lain)
  2. Surat Kuasa Pencairan uang
  3. Surat Kuasa Penjualan
  4. Surat Kuasa Pengambilan Keputusan usaha atau keputusan politik
  5. Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank
  6. Surat Kuasa Pengambilan penetapan ahli waris
Dalam surat kuasa harus dipastikan ada kalimat pemberian kuasa/wewenang kepada seseorang. Surat kuasa memiliki bahasa yang singkat, lugas, efektif dan tidak berbelit-belit.

Dalam pemerintahan desa terkadang dibutuhkan surat kuasa dalam berbagai urusan. Surat Kuasa yang digunakan dalam administrasi desa biasanya digunakan dalam hal urusan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemerintahan atau administrasi di desa. 

Surat kuasa dapat juga digunakan jika Kepala Desa memberikan kuasanya kepada perangkat desa atau staf perangkat desa atau Kepala Desa sekedar mengetahui saja. Jika surat kuasa mengetahui Kepala Desa, biasanya Kepala Desa bukan sebagai pihak pemberi kuasa atau penerima kuasa. Kepala Desa dalam hal ini bertindak sebagai pihak yang mengetahui atau ia dianggap perlu tahu menyangkut urusan warga desanya baik pemberi kuasa maupun penerima kuasa.

Pada postingan ini akan saya bagikan contoh format surat kuasa yang dapat digunakan dalam administrasi desa. Tentu contoh ini bukan format baku, sehingga jika dibutuhkan dapat dilakukan perubahan untuk penyesuaian dengan keperluan di desa masing-masing.

Silahkan download melalui link di bawah ini:


Untuk penampakan format surat kuasa dapat dilihat di bawah ini:



Demikian contoh format surat kuasa dari desa yang dapat dimanfaatkan untuk administrasi di desa. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan bisa mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih...!