Widget HTML #1

Mencari Data Ganda (Duplikat) pada Microsoft Excel

Berawal dari pembuatan sertifikat yang data diambil dari file Excel yang berisi data presensi (Daftar Hadir) online google form. Terdata pada file excel ada kurang lebih 500 an peserta yang mengisi daftar hadir. Namun setelah di cek ternyata banyak data peserta yang ganda (duplikat), mungkin karena peserta mengisi form lebih dari satu kali.

Mencari Data Ganda Pada Microsoft Excel

Mencari data ganda atau duplikat pada file excel dapat dilakukan dengan cara yang mudah, sehingga tidak perlu melakukan pengecekan manual dengan membaca data peserta satu per satu. Microsoft Excel telah menyediakan banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Termasuk memudahkan bagaimana mencari data yang ganda atau duplikat.

Fitur Conditional Formatting di Excel

Fitur di Microsoft Excel yang dapat kalian gunakan untuk mencari data ganda (duplikat) adalah Fitur Conditional Formatting. 

Conditional Formatting merupakan fitur yang disediakan untuk memberikan format khusus pada sel-sel yang memenuhi kondisi tertentu pada suatu range atau tabel Microsoft Excel. Jika kalian menggunakan Conditional Formatting pada Excel, kalian bisa lebih cepat dalam melakukan analisis data dalam jumlah besar. Karena data yang memenuhi kondisi tertentu menjadi lebih mudah untuk dilihat atau ditemukan.


Menggunakan Conditional Formatting Untuk Mencari/Menemukan Data Ganda (Duplikat)

Baik, sekarang mari kita mencari/menemukan data ganda (duplikat) menggunakan fitur Conditional Formatting pada Microsoft Excel. Adapun caranya silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama (1) - Buka data kalian, seleksi (blok) range data yang akan dicari data gandanya, seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Select Range Data

Kedua (2) - Setelah range data diseleksi, selanjutnya klik Home > Conditional Formatting > Highlight Cells Rules > Duplicate Values. Atau ikuti petunjuk pada gambar di bawah ini.

Conditional Formatting - Duplicate Values..

Ketiga (3) - Pilih format yang akan digunakan untuk menandai data ganda pada sel yang telah diseleksi sebelumnya.
Pilih Format Cells

Jika sudah, tinggal kalian klik OK. 

Sekarang perhatikan pada tabel yang telah kalian seleksi, akan terlihat format cell pada data ganda yang ditemukan seperti gambar berikut ini.
Data Ganda (Duplikat) Diberi Tanda

Bagaimana, mudah bukan. Sekarang data ganda sudah terlihat jelas, tinggal bagaimana kita akan memperlakukan data ganda tersebut, apakah kita akan memvalidasi manual, seperti mengecek apakah ini benar-benar duplikat atau memang ada lebih dari satu orang dengan nama dan asal yang sama. Atau kita akan menghapus data ganda dengan menyisakan 1 data saja.

Silahkan ditentukan sendiri, tindakan yang akan kalian lakukan. Namun untuk menghapus data ganda ada cara cepat juga yang bisa dilakukan di Microsoft Excel yang insyaAllah akan saya bahas di postingan berikutnya.

Demikian, semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini ya.