Widget HTML #1

Cara Membuat Database Aplikasi Klinik Sederhana dengan MySQL

Salah satu tahapan yang terpenting dalam pembuatan aplikasi adalah membuat database atau basis data. Dalam video tutorial yang saya bagikan di Channel Youtube Saya, saya membahas tentang pembuatan aplikasi Klinik sederhana menggunakan Framework Codeigniter 3 dengan database MySQL. Tahapan yang pertama saya lakukan adalah menyusun alur program, membuat database dan baru melakukan coding aplikasi.


Kebutuhan Software

Untuk membuat database menggunakan MySQL, kalian harus menyiapkan beberapa aplikasi yaitu :

  1. MySQL (Wajib) kalian bisa dapatkan MySQL ini pada aplikasi XAMPP, yang didalamnya juga sudah terdapat Apache untuk webserver.
  2. Tools untuk Administrasi Database MySQL (Opsional), kalian bisa menggunakan phpMyAdmin yang telah tersedia di XAMPP atau menggunakan Software lainnya seperti HeidiSQL, Navicat, SQLYog atau yang lainnya.

Rancangan Relasi Tabel

Jika semua kebutuhan di atas sudah siap, maka kalian bisa melanjutkan untuk mulai membuat database. Adapun rancangan database Aplikasi Klinik yang akan dibuat sebagai berikut:

Rancangan Database Aplikasi Klinik Sederhana
Cara Membuat Database Aplikasi Klinik Sederhana dengan MySQL


Gambar di atas menunjukkan relasi antar tabel yang terdapat pada database Aplikasi Klinik Sederhana. Dari gambar di atas terdapat 6 tabel yaitu:

  1. users
  2. dokter
  3. pasien
  4. obat
  5. berobat
  6. resep_obat


Struktur Tabel

Adapun struktur tabel masing-masing dapat kalian lihat pada penjelasan Struktur Tabel di bawah ini.

Struktur Tabel Users

Struktur Tabel Users

Struktur Tabel Dokter

Struktur Tabel Dokter

Struktur Tabel Pasien

Struktur Tabel Pasien


Struktur Tabel Obat

Struktur Tabel Obat


Struktur Tabel Berobat

Struktur Tabel Berobat


Struktur Tabel Resep Obat

Struktur Tabel Resep Obat

Cara Pembuatan Database Aplikasi Klinik Sederhana

Setelah rancangan relasi tabel dan semua struktur tabel sudah kalian lihat di atas, untuk cara pembuatannya silahkan simak video berikut ini:



Dan untuk video pembuatan aplikasi lengkapnya kalian dapat menuju ke Playlist Tutorial Membuat Aplikasi Klinik Sederhana dengan Codeigniter 3.

Demikian Cara Membuat Database Aplikasi Klinik Sederhana dengan MySQL, mudah-mudahan dapat dipahami dan dapat dijadikan referensi dalam belajar database maupun pemrograman database. Terima kasih.