Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menjalankan MySQL 8 Portable dan Cara Menggunakan MySQL 8 Portable Di Windows Tanpa Install

Pada postingan kali ini kalian akan saya ajak untuk belajar menggunakan MySQL Portable tanpa Install di Windows. Jadi MySQL di situs resminya menyediakan 2 jenis file MySQL yang bisa digunakan yaitu versi Installer MSI dan Zip Portable.

Cara Menjalankan MySQL 8 Portable di Windows

Sebelum menjalankan MySQL Portable Windows silahkan  download MySQL Portable dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Pertama (1) - Untuk mendapatkan MySQL Versi Portable, silahkan kalian download di situs resminya melalui link berikut ini : https://dev.mysql.com/downloads/mysql/

Kedua (2) - Klik Download pada Windows (x86, 64-bit), ZIP Archive, seperti contoh yang terlihat pada gambar berikut ini.


Jika muncul pilihan login dan signup, klik di bagian bawah pada link No thanks, just start my download.

Ketiga (3) - Extrack file MySQL Portable hasil download, dan pindahkan folder hasil extract ke drive mana yang diinginkan (Saya menggunakan Drive C), lalu rename folder menjadi "mysql8", boleh dengan nama lain yang penting tidak ada spasi atau karakter khusus (special character).


Keempat (4) - Jalanlan Command Prompt (CMD) kemudian masuk ke folder "C:\mysql8\bin", perhatikan pada gambar di bawah ini.


Kelima (5) - Lakukan Inisiasi (ini hanya dilakukan pertama kali saja) dengan menjalankan perintah mysqld --initialize-insecure, dan tunggu hingga proses selesai. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Keenam (6) - Jika proses inisiasi sudah selesai, selanjutnya kalian dapat menjalankan service mysql dengan perintah mysqld seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Dengan menjalankan mysqld maka MySQL sudah siap digunakan, namun saat ingin menggunakan pastikan service mysqld ini tidak terhenti. Jadi jangan sampai kalian menutup CMD yang sedang menjalankan mysqld. Kalian bisa minimize saja CMD nya.

Untuk memastikan mysqld berjalan kalian bisa cek di Task Manager seperti pada gambar berikut ini.


Menggunakan MySQL 8 Portable

Untuk menggunakan MySQL, kalian harus memastikan bahwa Service mysqld sedang berjalan, seperti yang telah dibahas di atas. Selanjutnya buka Command Prompt (CMD) baru dan mulai menggunakan mysql dengan perintah mysql -u root melalui folder C:\mysql8\bin, perhatikan pada gambar di bawah ini.


Nah, jika sudah masuk ke MySQL seperti pada gambar di atas, selanjutnya kalian bisa menjalankan perintah-perintah SQL seperti melihat database, membuat database, membuat tabel, memasukkan data, mengedit data, menampilkan data, menghapus data dan semua perintah-perintah SQL lainnya.

Contoh Pembuatan Database Baru

Dalam contoh ini kalian akan diberi contoh untuk membuat database baru dengan nama persediaan. Adapun perintah SQL untuk membuat database yaitu : CREATE DATABASE nama_database; , perhatikan pada contoh gambar di bawah ini.


Dari contoh pada gambar diatas, saya membuat database baru dengan nama "persediaan",  dan setelah saya cek tampilkan databasenya, alhamdulillah database persediaan berhasil dibuat. Selanjutnya kalian bisa mempraktekkan perintah-perintah SQL lainnya.


Demikian tutorial Cara Menjalankan MySQL 8 Portable dan Cara Menggunakan MySQL 8 Portable Di Windows Tanpa Install, semoga ada manfaatnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menjalankan MySQL 8 Portable dan Cara Menggunakan MySQL 8 Portable Di Windows Tanpa Install"