Widget HTML #1

Cara Install XAMPP 7.4.13 Portable di Windows 10

Beberapa tahun yang lalu saya pernah membahas tentang Cara Install XAMPP di Sistem Operasi Windows, namun menggunakan versi lawas dan juga windows 7. Kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya install XAMPP 7.4.13 Portable di Windows 10.



Apa itu XAMPP?

Untuk mengetahun definisi XAMPP saya langsung copas saja dari situs resminya dan saya terjemahkan menggunakan Google Translate tanpa saya edit. Berikut ini adalah definisi XAMPP dari situs resminya:

XAMPP adalah lingkungan pengembangan PHP paling populer. XAMPP adalah distribusi Apache yang sepenuhnya gratis dan mudah dipasang yang berisi MariaDB, PHP, dan Perl. Paket open source XAMPP telah diatur agar sangat mudah dipasang dan digunakan.


Cara Install XAMPP Portable

Untuk cara install yang akan saya jelaskan disini adalah menggunakan XAMPP 7.4.13 Versi Portable, saya memilih versi portable supaya bisa lebih cepat proses installnya cukup config sedikit saja langsung bisa dijalankan dan digunakan.

Baik, langsung saja ikuti beberapa langkah Install XAMPP Portable berikut ini:

Pertama (1)Download XAMPP 7.3.14, pilih versi portable seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.



Kedua (2) - Extrack file XAMPP Portable yang telah di download kemudian letakkan folder xampp di drive C:\ atau D:\ atau di dalam folder misal D:\SERVER\, intinya folder xampp dapat diletakkan dimanapun dengan syarat foldernya writable (dapat ditulis). Pada contoh ini saya meletakkan pada D:\SERVER\ seperti terlihat pada gambar berikut ini:



Ketiga (3) - Setelah langkah 1 dan 2 selesai kita akan mulai dengan melakukan instalasi atau saya lebih senang menyebutnya dengan konfigurasi. Buka folder xampp, kemudian jalankan (klik 2x) pada file setup_xampp.bat.



Keempat (4) - Setelah file setup_xampp.bat berjalan dan selesai melakukan konfigurasi, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Kalian tinggal tekan sembarang tombol, kl saya terbiasa menekan Enter.


Kelima (5) - Setelah install/konfigurasi selesai, silahkan jalankan XAMPP dengan melakukan klik 2x pada xampp_control.exe



Keenam (6) - Pilih bahasa Inggris dan klik Save.



Sehingga akan ditampilkan aplikasi XAMPP Control Panel seperti pada gambar berikut ini:



Ketujuh (7) - Jalankan Apache dan MySQL untuk mulai menggunakan XAMPP sebagai Web Server dan Database Server.



Tombol Admin yang ada di sebelah tombol stop yang sebaris dengan Apache dan MySQL itu digunakan untuk mengarahkan kita ke Browser dan membuka laman (URL) tertentu.

  1. Yang sebaris dengan Apache : http://localhost/
  2. Yang sebaris dengan MySQL : http://localhost/phpmyadmin/ , digunakan untuk membuat dan mengelola database MySQL.

Tampilan Dashboard Localhost:



Tampilan phpMyAdmin:



Baik sampai disini kalian sudah berhasil menginstall XAMPP 7.4.13 Portable di Windows 10. Jika kalian ingin menempatkan Shortcut XAMPP Control Panel di Desktop, kalian tinggal klik kanan pada file xampp_control.exe, kemudian kalian tinggal pilih send to desktop seperti pada gambar di bawah ini yang saya kasih nomor 3.



Pilih 1 untuk Pin to Start, dan Nomor 2 untuk pin to Taskbar. apa bedanya? saya yakin kalian sudah tau semua ya. kalau belum tau silahkan kalian browsing di google atau tanyakan di kolom komentar.


Silahkan dicoba dan mudah-mudahan berhasil...