Widget HTML #1

Contoh dan Cara Membuat Lembar Bimbingan Skripsi/Proposal/Tugas Akhir dengan Microsoft Word

Lembar Bimbingan Skripsi sering juga disebut Kartu Bimbingan Skripsi. Lembar bimbingan skripsi digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan bimbingan skripsi. Setiap kali mahasiswa menghadap Dosen pembimbingnya, mahasiswa harus membawa lembar bimbingan untuk selanjutnya akan diisi oleh dosen pembimbingnya sesuai dengan catatan perbaikan atau saran dari dosen pembimbing.

Setiap kampus tentu memiliki standar formati kartu bimbingan atau lembar bimbingan skripsi masing-masing. Namun saya akan memberikan contoh dan cara membuat Lembar Bimbingan Skripsi sesuai dengan format yang berlaku di kampus tempat saya dulu kuliah. :)

Contoh format lembar bimbingannya terlihat seperti pada gambar di bawah ini ya.

Contoh Kartu/Lembar Bimbingan Skripsi


Cara Membuat Lembar/Kartu Bimbingan Skripsi di Microsoft Word

Baik sekarang bagaimana cara membuat kartu bimbingan atau lembar bimbingan skripsi di Microsoft Word. Silahkan kalian mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Pertama (1) - Buka Ms. Word dan buat dokumen baru, lanjutkan dengan mengatur ukuran kertas dan margin. Dalam contoh ini saya menggunakan ukuran kertas A4 dengan margin atas, kiri, kanan, bawah (3cm, 2cm, 2cm, 2cm).

Kedua (2) - Buat Kop surat sesuai dengan dimana tempat kuliah kalian, seperti contoh di bawah ini. Jika ada yang masih bingung cara membuat kop surat di Microsoft Word bisa melihat tutorial cara membuat kop surat resmi pada microsoft word.

Contoh Kop Surat Lembar Bimbingan Skripsi

Ketiga (3) - Lanjutkan dengan menuliskan judul "KARTU BIMBINGAN SKRIPSI" dengan format huruf kapital, rata tengah (center) dan bold (tebal) seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Contoh Judul Kartu Bimbingan Skripsi

Keempat (4) - Ketik identitas skripsi kalian yang berisi Nama kalian, NPM/NIM kalian, Nama pembimbing 1 atau pembimbing 2 kalian, dan jangan lupa judul skripsi kalian seperti contoh di bawah ini ya.

Identitas Skripsi Kalian


Kelima (5) - Buat tabel dengan 3 kolom, kolom kesatu beri judul Tanggal Bimbingan, kolom kedua beri judul Komentar Pembimbing dan Kolom ketiga beri judul Tanda Tangan. Sedangkan jumlah baris kalian bisa tentukan sendiri, tapi ya minimal ada 5 baris untuk dosen memberikan komentar. Lihat contoh di bawah ini.

Tabel Bimbingan Skripsi


Keenam (6) - Keenam kalian tinggal tambahkan area untuk tanda tangan Ketua Program Studi. Biasanya letaknya di sebelah kanan bawah seperti contoh di bawah ini.

Area Tanda Tangan Ketua Program Studi


Sampai disini pembuatan kartu bimbingan skripsi atau lembar bimbingan skripsi kalian sudah selesai. Namun untuk mencetaknya biasanya rangkap dua, dan perlu dilakukan perubahan untuk nama pembimbing 1 dan pembimbing 2 skripsi kalian.

Download Contoh Kartu Bimbingan Skripsi Format Microsoft Word

Untuk mendownload contoh Kartu Bimbingan Skripsi Format Microsoft Word, kalian bisa klik Kartu Bimbingan Skripsi Format Microsoft Word.


Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.