Widget HTML #1

Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan Microsoft Word

Halo, Apa kabar kalian semua? mudah-mudahan dalam keadaan terbaik hari ini. Kali ini TutupKurung.Com kembali posting tentang contoh dan cara membuat surat keterangan di microsoft word. Bagi kalian siswa SMK, mahasiswa atau siapa pun kalian yang sedang atau akan melaksanakan PKL atau Praktik Kerja Lapangan biasanya di akhir waktu PKL kalian akan mendapatkan Surat Keterangan yang menerangkan bahwa kalian telah melaksanakan PKL di instansi tertentu.

Beberapa instansi tempat kalian PKL mungkin sudah memiliki format Surat Keterangan tersebut, namun beberapa instansi terkadang ada yang belum memilikinya dan bahkan meminta kalian untuk membuatnya. Format Surat Keterangan ini juga berbeda-beda tergantung dengan tempat kalian PKL atau mungkin ada standar format dari sekolah atau kampus kalian.

Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan Microsoft Word
Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan Microsoft Word

Pada postingan ini saya akan berbagi format Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam file .docx (Format File Microsoft Word). Selain itu juga akan saya bagikan bagaimana cara membuatnya, jadi jika sewaktu-waktu kalian akan merubah formatnya, atau ingin melalukan perubahan-perubahan sesuai dengan keinginan kalian, kalian sudah tau caranya. :)

Cara Membuat Surat Keterangan PKL

Untuk membuat Surat Keterangan PKL, silahkan kalian ikuti beberapa langkah di bawah ini:

Pertama (1) - Jalankan Microsoft Word, pilih Blank Document

Kedua (2) - Atur kertas dan ukuran margin (batas tepi) kertas, disini saya mencontohkan menggunakan jenis kertas A4 dengan margin atas: 1cm, margin kiri: 3cm, margin kanan: 2cm, dan margin bawah: 2cm.

Pengaturan Margin
Pengaturan Margin


Ketiga (3) - Membuat KOP surat, kop surat berisi logo/lambang perusahaan/instansi tempat kalian PKL dan juga nama instansi serta alamat instansi kemudian diberi garis mendatar seperti yang terlihat pada contoh berikut ini:

Kop Surat Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan
Kop Surat Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan

Jika kalian masih bingung atau belum bisa membuat kop surat, kalian bisa lihat Cara Mambuat Kop Surat Resmi dengan Microsoft Word.

Keempat (4) - Ketik judul "SURAT KETERANGAN", kemudian tekan Enter, lalu ketik "PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)"dengan huruf kapital dan enter untuk masuk ke isi Surat Keterangan. Lihat pada contoh gambar di bawah ini.

Judul Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan
Judul Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan

Kelima (5) - Selanjutnya kalian tinggal melanjutkan pengetikan isi surat keterangan praktik kerja lapangan. Intinya harus ada identitas kalian sebagai mahasiswa atau peserta praktik kerja lapangan dan juga identitas pimpinan atau penanda tangan surat keterangan tersebut. Seperti contoh berikut ini:

Isi Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan
Isi Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan


Keenam (6) - Setelah selesai 5 tahap di atas, kalain buat tmepat untuk tanda tangan dari pihak instansi tempat kalian PKL. Diawali dengan nama daerah dan tanggal, disusul dengan nama pejabat penanda tangan dan NIP jika ada. Posisi tempat tanda tangan yang saya contohkan di postingan ini ada di sebelah kanan, namun kalian dapat membuatnya sesuai dengan aturan atau kebiasaan yang dilakukan di kampus atau sekolah kalian masing-masing. Lihat contoh di bawah ini.

Tempat Tanda Tangan Pimpinan Instansi
Tempat Tanda Tangan Pimpinan Instansi


Setalah keenam langkah di atas kalian kerjakan dengan baik, berarti Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan kalian sudah selesai. Namun kalian perlu menyesuaikan pada bagian-bagian tertentu seperti identitas, tanggal dll.

Download Contoh Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Jika kalian tidak ingin repot-repot membuat dari awal, kalian bisa download saja di : Download Surat Keterangan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Silahkan dimanfaatkan dan semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih.