Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ujian Online, Computer Based Assessment (CBA), Computer Based Test (CBT) dan TCExam

Apa itu TCExam? namun sebelum masuk ke pembahasan apa itu TCExam, akan dibahas terlebih dahulu tentang ujian online, CBA dan CBT. 

Pengertian Ujian Online

Jika kita membahas tentang ujian online berarti kita membahas kata ujian dan kata online kemudian baru digabungkan. Ujian adalah suatu cara untuk mengetahui kemampuan seseorang dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan baik secara tertulis, lisan, ataupun cara-cara lainnya. Sedangkan Online adalah istilah saat kita berada dalam jaringan atau sedang terhubung dengan internet, baik itu terhubung dengan akun media sosial, email dan berbagai jenis akun lainnya yang kita pakai atau gunakan lewat internet. 

Dari dua kata di atas kita bisa mengartikan Ujian Online sebagai suatu cara yang dilakukan seseorang untuk mengetahui kemampuan seseorang/peserta ujian melalui dunia maya dangan menggukanan fasilitasfasilitas yang dapat menghubungkan peserta ujian dengan dunia maya seperti laptop/komputer, modem, wifi, dan sebagainya serta menggunakan aturan-aturan tertentu untuk mencegah peserta ujian melakukan kecurangan layaknya ujian tertulis dan dilaksanakn dalam waktu tertentu.

Selain pengertian ujian online di atas juga terdapat beberapa pengertian Ujian Online yaitu menurut Winarto dan Yunus (2010) mengemukakan bahwa ujian online merupakan proses yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek tertentu dari informasi, yang digunakan untuk serangkaian tujuan di lingkungan dimana penilaian itu dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan jaringan, kebanyakan penilaian tersebut merupakan tipe dari evaluasi pembelajaran di dunia pendidikan. 

Dalam sumber lain, Kenneth (2010) mengemukakan bahwa ujian online dapat meningkatkan standar ujian siswa sedangkan system ujian tradisional dengan menggunakan pena dan kertas membutuhkan usaha lebih untuk siswa dan pengawas ujian. Ujian secara manual juga membutuhkan waktu lebih lama karena peserta ujian harus menyiapkan peralatan (buku, pena/pensil, penghapus dsb) untuk mengikuti ujian secara tertib.

Manfaat Ujian Online

Menurut Thurlow, Lazarus, Albus, dan Hodgson dalam Computer-based Testing: Practices and Considerations (2010), ada beberapa manfaat ujian online diantaranya:

  1. Administrasi yang efisien
  2. Meningkatkan kemampuan peserta ujian
  3. Hasil ujian dapat langsung diketahui
  4. Pengembangan item soal dapat dilakukan secara efisien
  5. Tingkat keaslian/originalitas test dapat ditingkatkan.

Computer Based Assessment (CBA)

Computer-Based Assessment (CBA) adalah penilaian yang disampaikan dan dinilai dengan komputer. Ini berbeda dengan Computer Assisted Assessment (CAA), di mana komputer hanya digunakan pada sebagian proses asesmen.

Computer-Based Assessment (CBA) dapat digunakan untuk tujuan penilaian sumatif, formatif atau diagnostik, dengan atau tanpa umpan balik terkait yang secara otomatis dikirimkan kepada siswa. Penilaian berbasis komputer biasanya didasarkan pada pertanyaan pilihan ganda (soal pilihan ganda) atau jenis pertanyaan 'obyektif' lainnya, meskipun pertanyaan non-obyektif (misalnya esai, jawaban singkat) juga dapat dimasukkan. Pengembangan penilaian yang berhasil memerlukan pertimbangan yang cermat tentang masalah desain dan pengiriman, yang berbeda dari penilaian berbasis kertas.

Computer Based Test (CBT)

Computer Based Test (CBT) adalah sistem evaluasi berbantuan komputer yang bertujuan untuk membantu guru dalam melaksanakan evaluasi, baik penskoran, pelaksanaan tes maupun efektivitas dan efisiensi pelaksanaannya.

Dari pengertian CBA dan CBT di atas, sepertinya keduanya sama namun istilahnya saja yang berbeda. Intinya adalah sistem test atau penilaian berbasis komputer. (jika ada yang berbeda pendapat silahkan menulis di kolom komentar ya.)

Apa Itu TCExam

Untuk pengertian TCExam, kita ambil dari situs resmi dari TCExam (https://tcexam.org).

TCExam adalah sistem Open Source untuk ujian elektronik (juga dikenal sebagai CBA (Computer-Based Assessment), CBT (Computer-Based Testi) atau e-exam yang memungkinkan pendidik dan pelatih untuk menulis, menjadwalkan, menyampaikan, dan melaporkan kuis, tes dan ujian.




TCExam adalah Berbasis Web, platform independen, bahasa independen (termasuk terjemahan dalam beberapa bahasa dan dukungan RTL) dan sesuai dengan pedoman Aksesibilitas dan Kegunaan W3C untuk memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas, termasuk pengguna tunanetra.

TCExam mengotomatiskan semua fase penilaian: penulisan, penjadwalan, pengiriman, dan pelaporan. Mudah digunakan dan tidak memerlukan perangkat keras yang mahal untuk menjalankannya, atau perangkat lunak komersial tambahan. Pengguna terhubung ke sistem TCExam menggunakan browser web umum seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer.

Setelah mengetahui tentang Ujian Online, Computer Based Assessment (CBA), Computer Based Test (CBT) dan TCExam, pada postingan berikutnya akan banyak dibahas tentang cara Install TCExam, dan cara membuat ujian online dengna TCExam ini.



2 komentar untuk "Ujian Online, Computer Based Assessment (CBA), Computer Based Test (CBT) dan TCExam"

  1. Informasi mengenai ujian online computer based nya sangat bermanfaat, kebetulan saya juga menulis di blog pendidikan dan juga mengelola situs yang bernama situs pendidikan

    BalasHapus

Berlangganan via Email