Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bosan Ngoprek XAMPP Untuk Pengembangan Web Di Komputer Lokal, Coba Laragon, Siapa Tahu Kalian Jatuh Cinta Kepadanya

Halo gais.., apa kavar khalian semua...? Semoga kalian selalu sehat, diberikan umur panjang yang berkualitas dan barokah, diberikan rejeki yang berlimpah dan rajin sedekah dan bisa tinggal ditempat yang mewah (Mepet Sawah)...

Untuk kalian para pejuang yang sedang belajar web programming, tentu kalian sering ngoprek web di komputer lokal kalian. Bagi kalian pengguna windows pasti kalian kenal dengan XAMPP kan, Lingkungan Pengembangan yang sangat fenomenal di kalangan pengembang web. Apakah kalian pernah menginstall XAMPP namun gagal, selalu muncul pesan error. Atau ada kebutuhan pengembangan kalian yang tidak terpenuhi di XAMPP. Mungkin jika kalian mengembangkan web dengan PHP biasa atau native PHP mungkin XAMPP sudah sangat mumpuni ya. Namun ketika kalian mulau menggunakan Framework dan memasang ekstensi tertentu maka mulai deh ada config-config khusus yang mesti dilakukan, termasuk juga penyesuaian versi PHP yang dibutuhkan oleh framework-framework terbaru.

Nah, jika kalian mengalami beberapa masalah seperti yang saya ceritakan di atas, mungkin kalian boleh coba memasang Laragon.

Apa itu Laragon?

Laragon adalah sebuah universal development environment untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby, yang portable, terisolasi, cepat, ringan, dan mudah dipakai. Sesuai dengan yang tertera di web resmi Laragon "Modern & Powerful - Easy Operation - Productive. Portable. Fast. Effective. Awesome!".



Selain kaya fitur, Laragon juga sangat ringan dan tetap ramping. Core binary-nya berukuran kurang dari 2MB dan menggunakan kurang dari 4MB RAM saat dijalankan.

Tidak seperti aplikasi umumnya, Laragon ini tidak menggunakan layanan Windows. Namun Ia menggunakan  miliknya sendiri service orchestration yang mengelola layanan secara asinkron dan non-pemblokiran sehingga kalian akan menemukan segala sesuatunya berjalan cepat & lancar dengan Laragon.

Laragon ini dapat digunakan sebagai pengganti XAMPP, WAMP, atau MAMP dll.


Fitur-Fitur Laragon

Setelah kalian tau tentang apa itu Laragon, sekarang kalian harus tau apa itu fitur-fitur yang ditawarkan oleh Laragon. 

Berikut ini adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Laragon:

1. Pretty URL’s

Jika Kamu menggunakan aplikasi ini maka Kamu dapat mengakses project website melalui app.test sebagai ganti localhost/app.

2. Portable

Kamu bisa memindahkan folder Laragon (ke disk lain, ke laptop lain, menyinkronkan ke Cloud, …) tanpa perlu khawatir merusak sistem.

3. Isolated

Laragon memiliki lingkungan yang terisolasi dengan OS Kamu. Ini akan menjaga sistem Kamu tetap bersih.

4. Easy Operation

Tidak seperti orang lain yang melakukan konfigurasi untuk Kamu, aplikasi ini akan mengotomatiskan banyak konfigurasi hal yang rumit. Itu sebabnya Kamu dapat menambahkan versi lain dari PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL dan MongoDB dengan mudah.

5. Modern & Powerful

Aplikasi ini  sangat Modern & Powerful, hadir dengan arsitek modern yang cocok untuk membangun aplikasi web modern. Kamu dapat menggunakan Apache & Nginx sekaligus karena sepenuhnya dikelola. 

Laragon juga membuat segalanya jauh lebih mudah seperti :

  • Ingin memiliki CMS WordPress? Cukup 1 klik.
  • Ingin menunjukkan proyek lokal Kamu kepada pelanggan? Cukup 1 klik.
  • Ingin mengaktifkan / menonaktifkan ekstensi PHP? Cukup 1 klik.

Download Laragon

Sekarang saatnya kalian download Laragon. Untuk mendownloadnya kalian bisa kunjungi situs resminya di https://laragon.org/ atau langsung ke https://laragon.org/download/. Kalian bisa memilih versi Laragon Full, Laragon Lite dan Laragon Portable. Untuk perbedaannya kalian dapat langsung membacanya di laman download Laragon tersebut.

Dalam contoh ini kita akan coba versi Laragon Full ya... MARKIDON (Mari kita Download).

Install Laragon Full

Jika kalian telah selesai mengunduh/mendownload Laragon Full, sekarang ikuti beberapa langkah berikut ini untuk memasang atau menginstall Laragon.

Pertama (1) - Double Click pada File Installer Laragon

File Installer Laragon Full

Kedua (2) - Pilih Bahasa lalu klik OK.

Bahasa Instalasi

Ketiga (3) - Klik Next pada Welcome to The Laragon Setup Wizard.


Keempat (4) - Tentukan lokasi installasi Laragon, kemudian klik Next.


Kelima (5) - Checklist beberapa pilihan seperti Run Laragon when Windows Starts dan Auto Virtual Host lalu Klik Next.



Keenam (6) - Klik Install, dan tunggu proses installasi Laragon sampai selesai.



Ketujuh (7) - Checklist Run Laragon dan Klik Finish. Jika kalian tidak ingin langsung menjalankan Laragon hilangkan checklist pada Run Laragon.



Menjalankan Laragon

Karena saya checklist pada Run Laragon, setelah saya klik Finish akan langsung dijalankan dan tampilan Laragon akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Kalian juga dapat menjalankan Laragon dari menu Start dan cari Laragon.

Tampilan Laragon


Jika sudah tampil Laragon seperti gambar diatas, klik Start All untuk menjalankan semua servicenya. Dan ketika Service telah berjalan tampilan akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.



Tombol Start All berubah menjadi tombol Stop, yang kalian pasti sudah tahu fungsi tombol Stop tersebut, :)

Kalian bisa coba klik tombol Web untuk mengakses Localhost dan kalian akan diarahin ke Browser.

Tampilan Localhost Laragon


Klik tombol Database jika kalian akan menuju ke database manager, dan Laragon secara default akan mengarahkan ke HeidiSQL dan Laragon telah menyiapkan Session dengan nama Laragon.

Session Name Laragon di HeidiSQL

Jika di session Laragon kalian Klik tombol Open, kalian akan langsung diarahin ke tampilan database yang siap kalian kelola.

Tampilan Database di HeidiSQL

Jika kalian belum familiar dengan HeidiSQL kalian bisa belajar dengan studi kasus database klinik sederhana di Tutorial yang saya buat sebelumnya DISINI.

Selain tombol Web dan Database, terdapat juga tombol Terminal dan Root di tampilan depan Laragon. Silahkan kalian mencobanya, dan simpulkan sendiri untuk apa kedua tombol tersebut.


OK itulah sedikit pembahasan tentang Laragon. Bagaimana menurut kalian, apakah kalian jatuh cinta atau biasa saja atau kecewa, silahkan diisi di kolom komentar jawabannya.

Pembahasan lebih lanjut insyaAllah akan di posting di kemudian hari jika ada waktu luang dan juga kemauan sedang bagus...

Salam....




1 komentar untuk "Bosan Ngoprek XAMPP Untuk Pengembangan Web Di Komputer Lokal, Coba Laragon, Siapa Tahu Kalian Jatuh Cinta Kepadanya"

  1. Informasi mengenai alternatif xammpp diatas sangat bermanfaat, kebetulan saya juga menulis di blog pendidikan dan juga mengelola situs yang bernama situs pendidikan

    BalasHapus