Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memproteksi Cell Tertentu Atau Mengunci Cell Tertentu Pada Microsoft Excel

Pernahkan kalian menerima kiriman file Excel atau mendownload file Excel dari internet tapi cell atau beberapa cell nya terkunci alias tidak bisa diedit..? Bagaimana reaksi kalian setelah mendapatkan kasus seperti itu? Sedih, Kesal atau akan menganggap si pemilik file excelnya pelit atau kalian punya reaksi lain, silahkan komentar di bawah postingan ini ya.

Memproteksi atau mengunci cell tidak hanya semata-mata karena kita pelit dengan memberi file excel namun beberapa cell nya tidak bisa diedit. Banyak alasan lain mengapa kita harus memproteksi atau mengunci cell pada file-file excel yang berisi data penting. Terkadang kita akan membuat sebuah format nilai misalnya yang akan kita bagikan kepada para guru untuk menilai siswanya, perhitungan nilai sudah ditetapkan dengan aturan-aturan tertentu sehingga rumus nilainya tidak boleh diedit maka kita perlu memproteksi atau mengunci bagian cell yang berisi rumus nilainya. Nah itu salah satu contoh manfaat dari proteksi atau kunci cell.

Sebagai contoh/ilustrasi perhatikan gambar berikut ini:

Proteksi Cell Tertentu

Setelah memahami maksud proteksi sel tertentu pada Microsoft Excel, sekarang ikuti beberapa langkah berikut ini untuk Memproteksi Cell Tertentu Atau Mengunci Cell Tertentu Pada Microsoft Excel.

Pertama (1) - Buka file excel kalian, saya akan contohkan menggunakan file excel saya sebelumnya yang berisi daftar nilai.

Kedua (2) - Lakukan seleksi seluruh sel (cell) dengan [Ctrl] + [A], kemudian klik pada Tab Home > Group Cells > Format > Lock Cell
Lock Cell

Fitur Lock Cell ini pada dasarnya untuk membuka dan mengunci cell, klik sekali untuk membuka dan klik sekali lagi untuk mengunci cell. Kalian bisa lihat statusnya di tombol Lock Cell nya

Kondisi Lock Cell Aktif

Kondisi Lock Cell tidak aktif

Silahkan kalian amati perbedaan keduanya, intinya langkah Kedua (2) itu adalah untuk memuat status Lock Cell nya tidak aktif pada semua cell.

Ketiga (3) - Seleksi cell yang akan di proteksi atau dikunci, saya akan menyeleksi (mengeblok) cell H6:I15, lihat pada  gambar berikut ini.



Keempat (4) - Klik pada Tab Home > Group Cells > Format > Lock Cell , untuk melakukan lock pada sel yang telah di blok/seleksi.

Kelima (5) - Klik Tab Review > Protect Sheet, selanjutnya checklist pada Protect Worksheet and contents of locked cells, masukkan password dan klik OK.

Protect Sheet



Keenam (6) - Masukkan kembali password (password confirm) dan klik OK.

Dengan langkah-langkah di atas, proteksi cell tertentu atau proses mengunci cell tertentu sudah selesai, hasilnya adalah pada file Daftar nilai tesebut seseorang dapat mengubah bagian cel lain seperti nama siswa, nilai tugas, nilai uas, nilai uts, nilain abs dll, namun tidak dapat merubah aturan perhitungan ayng diberlakukan untuk nilai angka dan nilai huruf.

Jika pengguna memaksa ingin mengubah isi pada range cell H6 sampai dengan I15, Excel akan menampilkan pesan seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.



Demikian cara Memproteksi Cell Tertentu Atau Mengunci Cell Tertentu Pada Microsoft Excel, mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian yang sering bekerja membuat format-format data tertentu di Microsoft Excel.

Terima kasih...


Posting Komentar untuk "Cara Memproteksi Cell Tertentu Atau Mengunci Cell Tertentu Pada Microsoft Excel"