Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memproteksi File Excel atau Mengunci File Excel Dengan Password

Apakah kalian pernah mendapatkan file Excel yang ketika kalian mencoba membuka file tersebut tidak bisa dan meminta kalian untuk memasukkan password? Tahukah kalian cara memproteksi atau mengunci file excel dengan password? Kalau belum silahkan simak postingan ini.

Memproteksi sebuah file Excel (atau workbook) menyeluruh dengan sebuah password ini bertujuan untuk mencegah orang lain membukanya. Hanya orang yang mengetahui passwordnya yang dapat membuka file tersebut. Lalu bagaimana cara memproteksi memproteksi atau mengunci file excel dengan password.

Memproteksi/Mengunci File Excel Dengan Password

Berikut beberapa langkah yang dapat kalian ikuti:

Pertama (1) - Jika belum punya file Excel yang akan di proteksi, silahkan jalankan Excel > Pilih Blank Workbook lalu buat data kalian di Workbook. Namun jika kalian sudah punya file excel sebelumnya, silahkan tinggal dibuka saja filenya.

Kedua (2) - Sambil berkerja dalam Excel, lalu kalian klik tab File > pilih tab Info, pada pilihan drop-down Protect Workbook dan pilih Encrypt with Password.

Encrypt with Password

Ketiga (3) - Masukkan password dan klik OK.


Keempat (4) - Masukkan kembali password (Confirm Password) lalu klik OK.


Jika sudah selesai maka di bagian Info akan tampil seperti ini.


Kelima (5) - Kalian bisa simpan file kalian di tempat atau folder kalian dengan nama yang kalian inginkan kemudian kalian tutup excel kalian.

Keenam (6) - Sekarang silahkan kalian coba buka kembali file yang telah kalian simpan. Seharusnya file kalian akan menampikkan permintaan password seperti pada gambar berikut ini:


Dengan tampilan permintaan password tersebut berarti kalian telah berhasil mengunci atau memproteksi file kalian dengan password. Sehingga hanya orang-orang yang mengetahui passwordnya yang dapat membukanya.

Microsoft Excel versi terbaru telah lebih serius dalam meningkatkan keamanannya termasuk dalam hal proteksi dengan password ini. Pastikan bahwa kalian mengingat password dengan baik atau kalian juga akan berisiko kehilangan akses secara permanen pada workbook penting kalian. :)


Menghapus Proteksi Password File Excel

Jika kalian ingin menghapus proteksi password file excel kalian, mungkin kalian berubah fikiran untuk tidak perlu memproteksi file kalian, Kalian dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Pertama (1) - Setelah kalian membuka file excel kalian dengan password, silahkan kalian klik tab File > pilih tab Info, pada pilihan drop-down Protect Workbook dan pilih Encrypt with Password.

Kedua (2) - Kosongkan password yang sebelumnya telah kalian buat, lalu klik OK.


Ketiga (3) - Pastikan tampilan Pada tab Info kembali normal seperti berikut ini:


Keempat (4) - Simpan kembali file excel kalian, dan file kalian sekarang sudah tidak meminta password saat dibuka.


OK, sampai disini postingan TutupKurung.Com tentang Cara Memproteksi File Excel atau Mengunci File Excel Dengan Password. Mudah-mudahan yang sederhana ini bermanfaat dan kalian dapat memanfaatkan fitur Proteksi File Excel ini untuk kepentingan pekerjaan kalian semua. Semoga semua diberikan kelancaran dalam aktivitas dan diberikan rejeki yang berlimpan lagi barokah. Aamiin.




Posting Komentar untuk "Cara Memproteksi File Excel atau Mengunci File Excel Dengan Password"

Berlangganan via Email