Widget HTML #1

Contoh dan Cara Membuat Undangan Yang Irit Kertas A4 Bisa Jadi 2 Buah Undangan

Kalian mungkin pernah mendapat undangan yang kertasnya kecil, atau setengah A4. Biasanya sering digunakan untuk undangan-undangan kegiatan di RT, RW, Dusun, Desa, Keluarahan atau kegiatan di Masjid atau Musholla dll. Undangan dengan ukuran yang kecil seperti itu tentu punya tujuan, diantaranya adalah untuk menghemat kertas. Lalu bagaimana cara membuat undangan yang kecil atau dengan ukuran setengah A4 tersebut. Jangan-jangan kalian belum tau? Kalau iya, jangan khawatir, di postingan kali ini saya akan berikan contoh undangan dengan ukuran kecil atau setengah A4 menggunakan Microsoft Word.

Contoh dan Cara Membuat Undangan Yang Irit Kertas A4 Bisa Jadi 2 Buah Undangan
Contoh dan Cara Membuat Undangan Yang Irit Kertas A4 Bisa Jadi 2 Buah Undangan


Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan dalam membuat undangan dengna ukuran kecil atau setengah A4. Ada yang menggunakan fasilitas kolom yaitu dengna membagi kertas A4 landscape menjadi 2 kolom. Tapi ada juga yang menggunakan ukuran kertas A5 untuk membuat undangannya dan nanti dibuat 2 lembar kemudian dicetak dengan kertas A4 menggunakan teknik 2-on-1 Printing.

Cara Membuat Undangan Yang Irit Kertas

Kita akan gunakan terlebih dahulu cara yang pertama yaitu dengan menggunakan kertas A4 Lanscape dibagi menjadi 2 kolom. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

Pertama (1) - Jalankan Ms. Word > Pilih Blank Document > Atur Kertas Pilih Jenis A4, Margin semua 1 cm dan Orientation Lanscape.

Pengaturan Kertas
Pengaturan Kertas

Kedua (2) - Setelah posisi kertas lanscape, selanjutnya buatlah kolom (2 kolom dengan jarak kolom 2cm)

Pembuatan dan Pengaturan Kolom
Pembuatan dan Pengaturan Kolom

Sehingga tampilan dokumen akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

Tampilan Kolom Dokumen
Tampilan Kolom Dokumen

Ketiga (3) - Ketik surat undangan mulai dari kop surat, pembuka, isi surat, penutup dan tempat tanda tangan surat. Atur font sedemikian rupa supaya tidak melebihi 1 kolom. Pastikan juga teks surat masih terbaca, artinya jangan sampai terlalu kecil. Contohnya seperti pada gambar berikut ini.

Contoh Teks Surat Undangan
Contoh Teks Surat Undangan

Pada contoh di atas saya menggunakan font Arial dengan ukuran 12pt. Kalian dapat mencoba dengan font dan ukuran lain dengan catatan jangan sampai melebihi 1 kolom.

Keempat (4) - Setelah selesai 1 kolom, sekarang kota copy dan pastekan ke kolom kedua, sehingga hasilnya seperti pada gambar berikut ini.

Penampakan Undangan Yang Irit Kertas (1 Lembar dapat 2 undangan)
Penampakan Undangan Yang Irit Kertas (1 Lembar dapat 2 undangan)

Sampai disini, undangan sudah siap di cetak dengan 1 kertas A4 bisa untuk 2 undangan. Jadi jelas bisa ngirit kertas dan biaya fotocopy juga lebih ringat. Untuk mencetaknya seperti biasa tinggal pilih kertas A4 dan Orientation Landscape.

Jika kalian butuh contoh file surat undangan yang irit kertas ini, silahkan download melalui link berikut ini:

Download Contoh Undangan


Menggunakan Kertas Ukuran A5

Selain cara di atas, kalian dapat menggunakan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan kertas A5. Cara ini mungkin jarang digunakan namun bisa menjadi pilihan tergantung nanti kalian mau pilih yang mana. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

Pertama (1) - Buka Ms. Word > Pilih Blank Document > Atur Kertas jenis A5 dan margin semua 1cm orientation Potrait.

Pengaturan Kertas A5 margin 1cm
Pengaturan Kertas A5 margin 1cm

Kedua (2) - tulis surat undangan, pastikan tidak lebih dari satu halaman. Seperti terlihat pada contoh di bawah ini.

Contoh Undangan A5
Contoh Undangan A5

Ketiga (3) - Kalian tinggal lakukan copy dan paste undangan tersebut di halaman kedua. Hasilnya seperti pada gambar berikut ini.

Undangan 2 halaman A5
Undangan 2 halaman A5

Keempat (4) - Nah sekarang kalian tinggal mencetaknya dengan pilihan 2-in-1 Printing. Kalian bisa langsung klik Print, atau Ctrl + P > kemudian pilih printer dan klik Printer Properties.

Pilih Printer Properties
Pilih Printer Properties

Pilih 2-in-1 Printing, Kertas A4 kemudian klik OK.

2-on-1 Printing
2-on-1 Printing


Klik OK dan kalian lanjutkan dengan klik Print.


Nah jika kalian menginginkan file Contoh Undangan dengan kertas A5 ini silahkan download melalui link berikut ini:

Sekian dulu postingan tentang Contoh dan Cara Membuat Undangan Yang Irit Kertas A4 Bisa Jadi 2 Buah Undangan, semoga ada manfaatnya. Jika ada pertanyaan atau ingin mengucapkan terima kasih silahkan mengisi kolom komentar.... :)