Widget HTML #1

Menampilkan Penomoran Arab atau Angka Arab di Microsoft Excel

Halo pengguna Excel... Apa kabar? Mudah-mudahan kita semua selalu dalam keadaan terbaik. Aamiin... Kembali lagi TutupKurung.Com akan sharing ringan tentang Microsoft Excel. Pernahkah kalian membuat angka arab di excel. Mungkin untuk keperluan skripsi atau laporan atau untuk keperluan apapun itu...? Nah bagi yang belum pernah atau bagi yang baru ingin membuat angka arab atau penomoran arab, silahkan simak postingan ini sampai akhir.

Sebelumnya perhatikan gambar di bawah ini.

Contoh Angka/Penomoran Arab (yang dikotakin merah)

Nah sekarang bagaimana cara membuatnya? simak dan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Pertama (1) Kalian bisa membuat penomoran biasa dengna angka 1,2,3... dan seterusnya sesuai dengan posisi sel-nya. Contoh saya akan membuatnya seperti pada gambar di bawah ini.

Angka 1-10 dibuat di kolom A

Kedua (2) Seleksi/blok mulai sel A1 sampai dengan A10, kemudian tekan tombol [CTRL] + [1] untuk menampilkan Format Cells. Selain menggunakan tombol [CTRL] + [1], kalian juga bisa mengklik pada icon format cells seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Icon Fomat Cells

Setelah kalian menekan tombol [CTRL] + [1] atau mengklik icon Format Cells maka akan tampil kotak dialog format cells.

Kotak Dialog Format Cells

Ketiga (3) Pilih kategori Custom, kemudian pada kotak isian Type kalian ketik [$-2000000]0 seperti terlihat paga gambar di bawah ini.

Custom Format

Setelah format disesuaikan seperti pada gambar di atas, kalian tinggal klik OK.

Sampai langkah ini proses penomoran arab telah selesai dan jika kalian perhatikan angka 1-10 telah berubah kedalam format penomoran arab. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Penomoran Arab (Angka Arab)

Baik, seperti itulah cara membuat penomoran arab atau menampilkan angka arab di excel. Selanjutkan silahkan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing. Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar. Jika merasa postingan ini bermanfaat, silahkan dibagikan ke rekan-rekan kalian, sehingga bisa memperluas manfaat.

Salam Spreadsheet... :)