Widget HTML #1

Cara Membuat Titik Dua Yang Lurus dan Rapi di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet yang memang memiliki spesialis mengolah angka. Banyak yang menyebutkan bahwa Microsoft Excel adalah aplikasi Pengolah Angka yang masuk dalam kategori Microsoft Office. Dengan Microsoft Excel orang mampu mengolah angka-angka dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Bahkan dengan Microsoft Excel kita dapat mengerjakan tugas-tugas seperti SPK dan beberapa kasus yang membutuhkan perhitungan yang rumit.

Namun dalam postingan ini saya tidak akan membahas kasus-kasus yang rumit di dalam Microsoft Excel. Pernahkah kalian membuat dokumen di excel yang terdapat identitas, seperti identitas lembaga atau identitas seseorang yang biasanya setiap itemnya membutuhkan titik dua (:). Kalau kalian membuatnya dengan Microsoft Word mungkin ini bukan masalah sulit, kalian tinggal menggunakan tombol tab (tabulasi) saja kalian sudah dapat membuat titik dua pada masing-masing item menjadi rapi. 

Contoh Titik Dua di Excel Yang Rapi

Nah postingan ini akan membahas tentang itu, yaitu bagaimana Cara Membuat Titik Dua Yang Lurus dan Rapi di Microsoft Excel.

Mungkin kalian bisa langsung saja ikuti beberapa langkah berikut ini:

Pertama (1) - Ketik item-item yang akan mengandung titik dua, seperti contoh pada postingan ini saya akan menuliskan Nama Lembaga, Kode Lembaga, Pimpinan Lembaga, Alamat, No. Telpon dan Email. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Contoh Data

Kedua (2) - Seleksi atau blok bagian sel yang telah berisi item-item data yang akan diberikan titik dua (:), kemudian klik kanan dan pilih Format Cells.

Lakukan Format Cel

Ketiga (3) - Pilih Category Custom, kemudian pada form isian ketil @ * ":", kemudian klik OK

Custom Format Cell

Keempat (4) - Sekarang Lihat hasilnya, sudah terlihat tanda titik dua (:) pada masing-masing item data kalian.



Selanjutnya tinggal kalian lengkapi datanya seperti contoh yang terlihat pada gambar berikut ini.


Nah seperti itu cara membuat titik dua yang rapi dan lurus di Excel.

Kalian juga bisa saja menambahkan titik dua nya pada kolom yang lain kemudian membuat kolomnya lebih kecil. Namun terkadang kita menemukan kasus di bawahnya ada tabel yang kolomnya tidak bisa kita ubah ukurannya sehingga kita harus menambahkan titik dua satu kolom dengan item datanya.

Dengan cara pada postingan ini akan memberikan solusi jika kalian menemukan kasus seperti yang saya ceritakan di atas.


Terima kasih sudah mampir di blog saya, mudah-mudahan bermanfaat..