Widget HTML #1

Cara Mudah dan Cepat Mengecilkan File Foto JPG dan Dokumen PDF Untuk Keperluan Melamar Pekerjaan atau Syarat CPNS


Zaman sudah berbeda, jika dulu melamar kerja harus menyerahkan berkas lamaran dalam bentuk fisik berupa lembar kertas lamaran pekerjaan dan lampiran persyaratan seperti Ijazah, Sertifikat, Pas Foto dan lain-lain. Sekarang kita sudah jarang sekali menemukan proses-proses seperti itu. Berbagai perusahaan telah menggunakan teknologi dalam proses rekrutmen karyawan khususnya dalam pendaftaran dan pelengkapan berkas lamaran.

Bukan hanya perusahaan-perusahaan besar, namun mulai perusahaan-perusahaan kecil sampai yang besar. Termasuk juga lembaga-lembaga pemerintahan bahkan proses penerimaan CPNS pun sekarang dalam proses pendaftaran calon peserta harus mendaftar melalui website resmi dengan membuat akun, melengkapi identitas sampai melampirkan berkas persyaratan dalam bentuk file PDF dan Gambar JPG.

Sebagai contoh, Pendaftaran CPNS biasanya dilaksanakan melalui laman resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Informasi mengenai Jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK akan dibuka dan dapat dilihat melalui platform SSCASN bernama SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) dan SSP3K (Sistem Seleksi PPPK).

Daftar dokumen persyaratan CPNS yang dibutuhkan sebagai kelengkapan syarat mendaftar CPNS biasanya berupa dokumen fisik dan juga digital.

Berikut adalah dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk digital:

  • Pas foto berlatar belakang merah dengan format JPEG atau JPG berukuran maksimal 200 Kb
  • Swafoto atau foto selfie memegang Kartu Informasi Akun dan KTP dengan format JPEG atau JPG berukuran maksimal 200 Kb 
  • KTP dengan format JPEG atau JPG berukuran maksimal 200 Kb 
  • Ijazah, sertifikat pendidik, dan/atau surat tanda registrasi (STR) dengan format PDF berukuran maksimal 800 Kb 
  • Transkrip nilai dengan format PDF berukuran maksimal 500 Kb 
  • Dokumen-dokumen pendukung lainnya dengan format PDF berukuran maksimal 800 Kb. 

Ukuran dokumen JPG dan PDF yang terlalu besar dapat menyebabkan kendala pada proses pendaftaran. Sehingga, diperlukan metode kompres untuk memperkecil ukuran file JPG dan PDF yang terlalu besar agar sesuai dengan ukuran yang ditentukan pada sistem Penerimaan CPNS.

Apakah ini akan berlaku juga untuk Penerimaan CPNS 2021? saya juga tidak bisa memastikan, namun kebiasaan pembatasan format file dan ukuran file ini saya yakin masih tetap akan berlaku pada sistem-sistem yang digunakan untuk penerimaan pegawai.

Persyaratan seperti di atas biasanya juga berlaku pada sistem atau aplikasi penerimaan pegawai lainnya, bukan hanya pada sistem Penerimaan CPNS. 

Nah, bagi kalian yang ingin melamar CPNS atau melamar pekerjaan melalui sistem online, kalian harus tau bagaimana Cara Mudah dan Cepat Mengecilkan File Foto JPG dan Dokumen PDF.

Bagaimana Cara Mengecilkan Foto JPG Ukuran Maksimal 200 Kb? Kalian bisa menggunakan salah  satu tool online untuk mengkompres foto JPG yaitu Pixlr Express. Lalu bagaimana caranya?

  1. Kunjungi laman Pixlr Express
  2. Setelah laman tersebut terbuka, klik ikon Browse yang ada di sebelah kiri untuk memilih foto yang akan dikecilkan ukurannya 
  3. Setelah foto terpilih terbuka, klik tombol Save di pojok kanan atas
  4. Berikutnya, di kotak Quality, geser bar ke kiri hingga kapasitas foto turun menjadi 200kb
  5. Jika sudah, klik tombol Save dan pastikan memilih format jpeg atau jpg sebelum menyimpan
  6. Selesai.

Bagaimana Cara mengecilkan dokumen PDF? Untuk mengecilkan file PDF, kalian dapat memanfaatkan situs Small PDF.

  1. Buka situs Small PDF melalui link https://smallpdf.com 
  2. Di halaman awal, pilih menu "Compress PDF" 
  3. Kemudian klik "Choose File" untuk memilih file PDF yang ingin di kompres 
  4. Tunggu hingga file terunduh sempurna
  5. Pilih opsi kompresi yang terdiri atas Basic Compression untuk mengecilkan dokumen hingga 40 persen atau Strong Compression untuk mengecilkan dokumen hingga 75 persen. Khusus untuk pilihan Strong Compression pengguna diharuskan untuk membayar atau mencoba secara gratis selama 14 hari dengan mendaftar Small PDF
  6. Klik "Choose Option" 
  7. Tunggu hingga proses kompres selesai 
  8. Jika sudah selesai klik "Download" untuk menyimpan file PDF yang sudah dikompres.

Ok, selamat mencoba dan semoga mendapat manfaat dari postingan ini. Oh iya semoga secepatnya kalian mendapat pekejaan yang kalian impikan.... aamiin...