Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Ngeprint File Excel Supaya Tidak Terpotong

Jika kalian pernah ngeprint file Excel dan hasilnya terpotong atau beberapa kolom masuk ke halaman lain yang tidak kalian kehendaki. Mudah-mudahan postingan kali ini bermanfaat.

Tidak seperti Microsoft Word yang mungkin lebih mudah dalam urusan cetak-mencetak seperti sebutannya WYSIWYG (What You See Is What You Get) jadi apa yang kita lihat di layar, ketika sudah sesuai ukuran kertas yang kita atur di file dengan kertas yang akan kita gunakan untuk mencetak/ngeprint maka seperti itulah hasil print nya.

Pada postingan ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara kita mencetak dari Microsoft Excel supaya tidak terpotong.

Pertama (1) - Buka atau Siapkan File Excel Yang Akan Dicetak, khususnya yang memiliki kolom cukup lebar dan melewati batas margin kertas. Disini saya akan mencontohkan data presensi yang dapat kalian lihat pada gambar berikut ini.

Contoh Data Daftar Hadir

Kedua (2) - Blok kolom dan baris yang akan tampil di kertas ketika kita cetak.

Sel yang akan ditampilkan di kertas di blok semua

Ketiga (3) - Klik Page Layout > Print Area > Set Print Area untuk menyeleksi daerah yang akan diprint.

Set Print Area

Keempat (4) - Mengatur Ukuran Kertas, misalkan saya akan menggunakan ukuran kertas A4 Landscape. Caranya klik pada Page Layout > Size > A4

Memilih Kertas A4

Selanjutnya untuk menentukan orientation kertas menjadi landscape, silahkan klik Page Layout > Oriantation > Landscape

Orientation Kertas Landscape

Kelima (5) - Untuk melihat hasil pengaturan dari langkah 1 - langkah 4, silahkan kalian klik Print Preview

Print Preview

Lihat hasil pada Print Preview, apakah semua kolom sudah masuk pada halaman 1 atau ada yang masuk ke halaman ke dua.

Hasil Print Preview

Jika kalian perhatikan ada kolom yang terpotong, seharusnya kita akan mencetak jumlah kolom sampai kolom pertemuan ke 16, namun yang tampil terakhir adalah kolom pertemuan ke 14. Kemudian lihat di bagian berikutnya yang saya berikan tanda panah merah terlihat ada halaman 1 of 4. artinya dokumen kita ketika dicetak akan menjadi 4 halaman, sedangkan kita hanya menginginkan 1 halaman saja.

Jika area margin kiri dan kanan masih luas, kalian bisa aktifkan tombol show margins untuk selanjutnya menggeser atau mengatur margin, siapa tau semua kolom dapat masuk ke halaman 1.

Namun jika tidak kita harus melakukan langkah berikutnya!

Keenam (6) - Close Print Preview atau kembali ke tampilan dokumen excel kalian dengan mengklik tombol panah di sudut kiri atas.

Kembali Ke Halaman Edit Excel

Ketujuh (7) - Selanjutnya kalian klik tab View > Page Break Preview kemudian pada tampilan excel kalian akan ada petunjuk Page 1, Page 2 dan seterusnya dengan pembatas garis tebal warna biru seperti terlihat pada bagian yang saya beri tanda panah pada gambar di bawah ini.

Tampilan Page Break Preview

Kedelapan (8) - Kalian bisa tarik garis putus-putus yang saya kasih nomor 3 dan 4 pada gambar di atas sehingga kolom dan baris yang kalian inginkan bisa masuk ke Page 1 untuk ikut dicetak dalam 1 halaman. Tampilannya akan menjadi seperti ini.

Tampilan Page 1

Sekarang coba kalian klik lagi Print Preview dan lihat hasilnya.

Tampilan Print Preview 1 halaman dan semua kolom dan baris masuk ke kalaman 1.

Jika tampilan sudah seperti pada gambar di atas, maka kalian tinggal klik Print untuk mulai mencetak pada kertas A4.

Tentu tutorial ini bukan untuk memaksakan semua data harus dicetak dalam 1 halaman, namun jika data terlalu banyak dan harus dibuat lebih dari satu halaman kalian bisa mengaturnya dengan cara-cara yang sudah di ajarkan di postingan ini, kalian bisa atur bagian mana yang akan masuk ke halaman 1, 1, 3 dan seterusnya.

Terima kasih sudah menonton, jika kalian sudah mahir di excel dan merasa cara ini kurang efektif, kalian bisa berikan saran melalui kolom komentar di bawah postingan ini.

Terima kasih... dan selamat belajar Excel..... :) 

Posting Komentar untuk "Cara Ngeprint File Excel Supaya Tidak Terpotong"