Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Daftar Hadir Perangkat Desa dan Cara Membuat Daftar Hadir Perangkat Desa Menggunakan Microsoft Word

Apa kabar sedulur semua yang sempat mampir ke postingan ini..? Semoga selalu dalam kebaikan dan dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.. Postingan ini membuktikan kalau admin sedang berusaha meluangkan waktu untuk membuat postingan di blog ini. hehe..

Baik, pada postingan ini saya akan membahas tentang format daftar hadir untuk perangkat desa, siapa tau pembaca blog ini ada yang bekerja sebagai perangkat desa atau mungkin sedang belajar komputer dan ingin berlatih membuat berbagai format dokumen yang dibutuhkan khususnya di desa. Untuk membuat daftar hadir perangkat desa kali ini saya akan contohkan pembuatannya menggunakan microsoft word ya.

Format Daftar Hadir Perangkat Desa


Tanpa kebanyakan muqodimah, silahkan kalian yang ingin belajar membuat Daftar Hadir Perangkat Desa menggunakan Microsoft Word, menyiapkan perangkat yang dibutuhkan untuk belajar. Silahkan buka komputer atau laptopnya kemudian hidupkan dan buka microsoft word.

Sambil menunggu komputernya siap, bagi kalian yang langsung ingin mendownload file contohnya silahkan kalian cari link downloadnya di postingan ini.

Baik, saya akan bahas terlebih dahulu cara membuat format Daftar Hadir Perangkat Desa. Untuk membuatnya silahkan kalian simak dan ikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Membuat Daftar Hadir Perangkat Desa

Pertama (1) - Jalankan Microsoft Word, dan buat dokumen baru dengna mengklik Blank Document. 
Oh iya perbedaan versi microsoft word yang ktia gunakan mungkin akan menampilkan tampilan yang sedikit berbeda.., jadi silahkan diikuti dan dipahami pelan-pelan.

Klik Blank Document

Kedua (2) - Lakukan Pengaturan Kertas dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Jenis/Ukuran Kertas Yang kita akan gunakan adalah F4
  • Margin atas, kanan, bawah dan kiri kita buat semua sama yaitu 1 cm
  • Orientasi kertas Landscape (tidur)
Untuk melakukan pengaturan kertas tersebut, kalian bisa menuju ke tab Layout kemudian akan ditampilkan beberapa tools untuk melakukan pengaturan kertas seperti yang kita inginkan.

Tab Layout

Untuk menampilkan secara lengkap pengaturannya kalian bisa lakikan klik pada tanda panah kecil di bagian kanan bawah grup Page Setup. Lihat pada petunjuk gambar di bawah ini.


Sehingga akan ditampilkan kota dialog Page Setup, kemudian kalian klik pada tab Paper seperti pada gambar dibawah ini.

Page Setup (Paper)

Dari gambar diatas, silahkan kalian ikuti tentukan ukuran kertas, pada combonya kalian pilih Legal, kemudian pada bagian Height, kalian ganti nilainya menjadi 33cm. karena kertas Legal tidak sama dengan F4.

Setelah selesai, kalian klik pada tab Margins untuk mengatur margin dan orientasi kertas. Lihat dan ikuti petunjuk pada gambar berikut ini.

Pengaturan Margin dan Orientasi Kertas

Kalian bisa sesuaikan seperti yang terlihat pada gambar di atas, kemudian kalian klik OK


Ketiga (3) - Kita akan mulai mengetik. Kita awali dengan membuat kop surat. Kop Surat ini berisi nama kabupaten, kecamatan, nama desa dan alamat desa. Jangan lupa juga untuk menambahkan logo/lambang kabupaten dimana desa kalian berada. Berikan gari lurus dengan style tebal untuk memisahkan kop surat dengan konten di bawahnya. Lihat pada gambar di bawah ini.

Kop surat dan informasi dokumen

Dari contoh yang terlihat pada gambar di atas, saya menggunakan font times new roman. Kalian dapat mengganti nama kabupaten, nama kecamatan dan nama desa termasuk alamatnya sesuai dengan desa kalian. 

Setelah kop selesai dan diberikan garis lurus, kalian dapat memberikan informasi dokumen misal seperti pada gambar di atas yaitu "DAFTAR HADIR PERANGKAT DESA BULAN : JANUARI 2021".

Keempat (4) - Buat tabel yang memiliki kolom No., Nama Lengkap, Jabatan, tanggal dan keterangan. total kolom yang saya contohkan adalah 36 kolom. karena tanggal saya buat dari tanggal 1-31 yang membutuhkan 31 kolom.

Untuk membuat tabel, kalian dapat menuju ke tab Insert kemudian klik icon Table > Insert Table

Insert Table

Kemudian kalian tentukan jumlah baris dan kolom seperti pada gambar berikut ini.

Jumlah Kolom dan Baris Tabel

Jika sudah ditentukan jumlah kolom dan baris, silahkan klik OK. Sehingga tampilan tabel akan menjadi seperti di bawah ini.



Kelima (5) - Atur dan modifikasi tabel sehingga menjadi seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.


Keenam (6) - Tambahkan beberapa informasi dan tempat tanda tangan. Lihat hasil akhir format daftar hadir perangkat desa seperti pada gambar berikut ini.


Nah Seperti itulah hasil akhir dari Dokumen Daftar Hadir Perangkat Desa yang kita buat menggunakan Microsoft Word. Sampai tahapan ini, dokumen Daftar Hadir Perangkat Desa sudah siap untuk dicetak dengan kertas F4.

Contoh Bungkus Kertas F4


Download Contoh Daftar Hadir Perangkat Desa


Nah hasil latihan membuat Daftar Hadir Perangkat Desa pada postingan ini dapat kalian download melalui link di bawah ini.


Terima kasih, semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Daftar Hadir Perangkat Desa dan Cara Membuat Daftar Hadir Perangkat Desa Menggunakan Microsoft Word"