Widget HTML #1

Cara Install Visual Basic 2012 atau Visual Basic .Net 2012 di Windows 10

Setelah mengingat, menimbang banyaknya komentar di youtube saya tentang postingan video saya yang membahas tentang membuat aplikasi CRUD dengan Visual Basic .Net. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis tutorial tentang visual basic .net di blog ini. Rencananya saya akan membuat tutorial ini dari dasar mulai dari Instalasi Visual Basic nya sampai nanti insyaAllah akan dibahas dengan studi kasus.

Visual Studio Ultimate 2012

Oh iya, jadi begini, Visual Basic adalah Bahasa Pemrograman yang ada dalam paket Installer Visual Studio. Selanjutnya silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melakukan installasi Visual Basic .Net 2012.

Langkah-Langkah Instalasi Visual Basic 2012

Pertama (1) - Jika kalian menggunakan file iso tentu kalian harus mount file installer kalian ke drive di komputer kalian. Sehingga akan ditampilkan dalam bentuk folder dan file seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Kemudian kalian klik 2x pada file EXE Installernya.

Folder Installasi Visual Studio 2012

Kedua (2) - Selanjutkan kalian klik pada bagian I Agree to the license terms and conditions supaya tombol Next nya muncul, selanjutnya silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan.



Ketiga (3) - Klik fitur yang ingin kalian install, kalian bisa hapus checklistnya untuk tidak menginstall beberapa fitur yang tidak kalian butuhkan. Pada contoh kali ini saya menginstall seluruh fitur yang ada. Selanjutnya kalian tinggal klik tombol Install.



Keempat (4) - Selanjutnya tunggu proses installasi hingga selesai. Harap bersabar saat menunggu proses ini, boleh sambil ngopi hitam. hehe.


Kelima (5) - Setelah prosesnya selesai akan ditampilkan pesan sukses install seperti terlihat pada gambar di bawah ini ya.



Selanjutnya kalian tinggal klik LAUNCH, dan biasanya untuk pertama kali kalian akan diminta untuk memasukkan Serial Number. 

Setelah itu kalian akan disuguhi tampilan seperti di bawah ini.



Dari tampilan di atas, kalian silahkan pilih Visual Basic Development Settings, dan klik Start Visual Studio.

Dan dibawah ini adalah tampilan awal Visual Studio / Visual Basic 2012.

Tampilan Visual Basic 2012

Dari tampilan ini kita nanti akan belajar membuat project dan seterusnya. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat dan dapat dipahami. Terima kasih sudah menyimak, maaf jika banyak kekurangan. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah postingan ini.


Terima kasih...