Widget HTML #1

Membuat Format Tanggal Indonesia Menggunakan PHP (Plus Download Source Code)

Para pengembang aplikasi menggunakan PHP tentu pernah mengalami masalah format tanggal. Mungkin saat menampilkan data pada aplikasi atau pada laporan yang merupakan output dari aplikasi, khususnya aplikasi yang berbahasa indonesia.

Dipostingan kali ini saya akan sharing bagaimana membuat format tanggal indonesia menggunakan PHP.


Jika kalian menggunakan database MySQL, biasanya tanggal yang kalian simpan dalam format YYYY-MM-DD (contoh : 2021-07-15). Sedangkan pada aplikasi web mungkin kalian akan menampilkan dalam format 15 Juli 2021.

Sebenarnya sudah ada fungsi bawaan PHP untuk konversi format tanggal. Namun, masalahnya semua format tanggal yang didukung adalah dalam format bahasa inggris seperti pada contoh di bawah ini:


Hasil dari script di atas adalah seperti pada gambar di bawah ini:

Dari contoh di atas, terlihat bahwa format tanggal masih dalam bahasa inggris. yaitu 15 Juli 2021. Oleh karena itu jika kalian ingin membuat format tanggal dalam bahasa indonesia, maka dibutuhkan cara yang lebih ekstra yaitu sengan membuat fungsi sendiri yang tujuannya adalah kita bisa merubah nama bulan bahasa inggris menjadi nama bulan berbahasa indonesia.

Berikut ini contoh fungsi yang dapat kalian gunakan untuk mengkonversi tanggal ke format indonesia.


Dari gambar di atas, perhatikan bagian yang saya beri kotak merah, itu adalah function yang berfungsi untuk merubah tanggal kedalam format indonesia. Sedangkan yang saya beri garis merah itu adalah cara menggunakan functionnya.

Dari script di atas akan menghasilkan tampilan tanggal seperti berikut ini.

Hasil penerapan function tglIndonesia terlihat pada bagian yang sayaberi kotak merah pada gambar di atas.

Function dapat digabungkan dalam 1 file php atau bisa dipisah kedalam file tersendiri, sehingga dapat digunakan pada banyak file php lainnya dengan memanggil file functionnya.

Demikian pembahasan singkat tentang Membuat Format Tanggal Indonesia Menggunakan PHP, semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Oh nya untuk download source code latihan ini silahkan klik Download Source Code Format Tanggal Indonesia Menggunakan PHP.

Terima kasih.