Widget HTML #1

Mengenal Bagian-Bagian Penting Pada Tampilan (Lingkungan Pengembangan) Visual Basic 2012

Visual Basic 2012 memiliki tampilan visual yang baik untuk memudahkan pengembang dalam mengembangkan aplikasi. Tampilan utama Visual Basic 2012 terdiri atas jendela Menu Utama (Main Menu), ToolBar, ToolBox, Properties, Form Design (Form Designer), Kode Editor (tempat menuliskan kode-kode program), Solution Explorer, dan jendela Informasi Kesalahan (Error List).

Tampilan Utama Visual Basic 2012


Pada postingan ini saya akna membahas tentang beberapa bagian penting yang harusnya kalian ketahui pada tampilan utama Visual Basic 2012.


Berikut ini adalah bagian-bagian penting pada tampilan utama Visual Basic 2012:

Main Menu atau Menu Bar

Main Menu merupakan kumpulan perintah lengkap Visual Basic yang berupa menu pulldown (terdiri dari menu,  sub menu, sub sub menu dan seterusnya. Bagian main menu terlihat pada gambar di bawah ini.
Main Menu dan Sub Menu

Bagian yang saya beri kotak biru adalah contoh Sub Menu dari menu Test.


Jendela ToolBar

ToolBar adalah kumpulan tool-tool atau perintah-perintah yang sering digunakan, ditampilkan dalam bentuk tombol dengan gambar/icon, sehingga pengguna/programmer VB dapat dengan mudah menggunakannya. Tampilan toolbar terlihat seperti pada contoh gambar di bawah ini.

ToolBar Visual Basic .Net 2012



Jendela ToolBox

ToolBox ini adalah bagian yang berisi kumpulan komponen-komponen penyusun program, seperti Label, TextBox, Button dan lain-lain. Masing-masing komponen dikumpulkan sesuai dengan kategorinya, seperti All Windows Form, Common Control dll. Tampilan ToolBox seperti pada gambar dibawah ini.

ToolBox Visual Basic .Net 2012



Jendela Form Design

Form Design adalah bagian yang menampilkan desain form aplikasi tempat meletakkan dan menyusun komponen-komponen program. Tampilan form design terlihat pada gambar berikut ini.

Form Design Visual Basic .Net 2012



Jendela Properties

Jendela Properties menampilkan parameter-parameter pengaturan komponen program, termasuk mengatur karakteristik komponen, event (kejadian) dari sebuah objek atau komponen program. Tampilan jendela Properties terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Jendela Properties Visual Basic .Net 2012



Jendela Code Editor

Code Editor merupakan jendela atau area tempat kita mengetik kode-kode program, logika program untuk membuat desain program dapat berfungsi sesuai keinginan. Tampilan Kode Editor terlihat pada gambar di bawah ini.

Jendela Code Editor Visual Basic .Net 2012



Jendela Solution Explorer

Jendela Solution Explorer menampilkan daftar file-file yang berhubungan dengan project aplikasi yang sedang kita kerjakan, seperti daftar form, daftar module dll. Tampilan jendela Solution Explorer terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Jendela Solution Explorer Visual Basic .Net 2012



Jendela Error List (Informasi Kesalahan)

Error List menampilkan daftar kesalahan atau pesan-pesan error yang terjadi pada program yang kita buat. Biasanya akan muncul ketika kita Running program kita dan dalam coding terdapat error. Error list biasanya muncul di bagian bawah. Tampilan Error List terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Jendela Error List Visual Basic .Net 2012


Itulah beberapa bagian penting yang harus kalian ketahui sebelum lebih lanjut belajar Visual Basic 2012.

Silahkan kalian bereksplorasi pada tampilan Visual Basic 2012, mungkin dari sisi tampilan untuk versi lain seperti versi di atasnya tidak akan jauh berbeda dengan tampilan Visual Basic 2012 ini.

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat....


Terima kasih....